Aktivitas Ini Tingkatkan Keterampilan Sosial Bayi

Bercanda dengan bayi tentunya akan sangat menyenangkan, apalagi jika memiliki manfaat lainnya. 


Bermain cilukba, misalnya, membantu bayi Anda mengatasi kecemasan akan perpisahan, karena ketika mama ‘menghilang’ (di balik kedua tangannya atau bantal sofa), mama akan muncul lagi. Cara seru lain yang bisa bayi Anda pelajari:


Menggelitikinya. Alisha Thomas dari Marietta, Georgia, ber-kata bahwa putrinya, Lauren, “belajar tentang bunyi lebah karena kami suka menggunakan jari-jari kami sambil membuat suara berdengung dan berkata ‘sengaaat!’ sambil menggelitikinya.” Namun, ia juga belajar tentang humor, membedakan antara interaksi seseorang yang serius dan yang main-main”, ujar Karen Singer-Freemanassociate professor bidang psikologi di Purchase College, SUNY, Purchase, New York.


Bercakap-cakap. Seberapa sering Anda menyahut celotehan bayi Anda, dengan berkata “Sama-sama, Sayang!” atau ketika ia bilang, “Aah!” dan Anda berkata, “Iya, Mama tahu ini saatnya ganti popok. Nggak enak ya?” Pola ini adalah dasar dari semua dialog. Dengan merespon celotehan tak jelas bayi Anda seolah percakapan sungguhan, sebenarnya Anda mengajarkan padanya aturan berkomunikasi yang baik. 


 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Aktivitas Ini Tingkatkan Keterampilan Sosial Bayi