Bayi Nyaman Belajar di Kelas

Sudah mendaftarkan bayi Anda di sekolah? Bantu ia untuk merasa nyaman dan berpartisipasi dalam kegiatan kelas. Ikuti tip dari para ahli ini.

- Datang awal. Jika memungkinkan, datanglah 20 menit sebelum kelas mulai. Ini untuk membuat bayi merasa akrab dengan ruangan kelas, juga membuat dia bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya.

- Ikuti saja. Jangan paksa anak berinteraksi dengan anak-anak lain bila ia tidak mau. Biarkan ia berbaur dengan cara dan waktunya sendiri. Anak tetap mendapat manfaat dari ‘bermain pararel’ (bermain terpisah namun berdampingan). Mungkin ia mendapat kepuasan dengan terlibat pada garis pinggir lingkaran pertemanan.

- Perlihatkan ketertarikan. Ikutlah bernyanyi dan berdansa bersama dengan para guru. Anak Anda melihat Anda sebagai role model. Jika ia memperhatikan tingkah laku Anda yang terlihat menikmati setiap aktivitas, ia pun akan ikut bergabung dan bergembira bersama.

- Turuti arahannya. Jika anak merangkak menjauhi kelompoknya, bawa materi pembelajaran dan ikuti dirinya. Biarkan ia menyentuh dan bermain dengan materi tersebut, lalu dengan perlahan arahkan ia kembali ke teman-temannya.

- Bagus, sayang. Selama di kelas, beri perhatian dan keyakinan pada buah hati Anda. Limpahi anak dengan segunung semangat dan pujian ketika ia mengikuti aktivitas.

Perhatikan ini: Jangan menyerahkan perkembangan bayi semata-mata kepada sekolah. Semua aktivitas di sekolah sebaiknya diulang lagi di rumah. Bila tidak, maka latihan yang diberikan di sekolah tidak bermanfaat.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Bayi Nyaman Belajar di Kelas