Jaga Diri Demi Si Buah Hati


Perbaiki dengan:
Temui dokter anak jika Anda merasa perkembangan bayi Anda lebih lambat dibandingkan dengan bayi lain. Jangan cepat mengambil kesimpulan karena “bawaan lahir” setiap bayi akan sangat memengaruhi bagaimana bayi masuk ke tahap perkembangannya.
 
Tidak Enjoy Merawat Bayi
Banyak orang tua terlalu ‘serius’ dalam mengasuh si kecil sehingga tidak dapat menikmati setiap moment indah yang terjadi.

Perbaiki dengan:
Hindari cemas berlebih sehingga Anda dapat menikmati setiap tumbuh kembang si kecil sambil bersyukur. Jika Anda mulai merasa lelah, cobalah untuk mengingat kembali bahwa makhluk kecil di pangkuan Anda adalah hadiah terindah yang dipercayakan Tuhan. Tak perlu memaksa diri menjadi orang tua sempurna. Cukup berikan yang terbaik sesuai kemampuan Anda.
 
Merasa Tidak Cukup Memberi Makan
Ketika bayi Anda menangis, hal pertama yang melintas di pikiran Anda adalah ia kelaparan.  Padahal, belum tentu saat bayi menangis ia benar-benar kelaparan! Bisa jadi ia lelah, terlalu banyak menerima rangsangan, kepanasan, tidak nyaman atau jenuh.

Perbaiki dengan:
Kenali pola tangis si kecil. Di awal mungkin saja sulit, namun jika Anda benar-benar memperhatikannya, Anda pasti bisa membedakan antara tangisan lapar, jenuh, atau lelah si kecil. Dan, tetap pastikan pada dokter jika anak Anda mengalami masa tumbuh kembang yang baik.
 
Ketat Pada Jadwal Tidur Bayi
Disiplin menerapkan rutinitas adalah baik, namun menerapkannya pada bayi belum tentu memberi manfaat. Bayi masih mencari pola tidurnya, saat ia lelah dan mengantuk ia akan tidur dengan sendirinya. Memaksakan jadwal tidur pada bayi hanya akan membuat Anda dan si kecil frustasi.

Perbaiki dengan:
Fleksibel terhadap jadwal tidur dan minum susu si kecil. Bayi masih menyesuaikan dengan dunia baru di luar kandungan yang dihadapinya saat ini, sementara organ-organ tubuhnya sedang tumbuh dan berkembang menjadi sempurna hingga bayi bisa saja mencerna lebih lama.
 
Tidak Memiliki Jadwal Tidur
Banyak orang tua yang memaklumi jika si kecil memiliki jam tidur yang tidak terartur. Untuk bayi baru hingga usia tiga bulan, hal ini memang normal. Ia akan tidur kapan saja dan di mana saja sesuai kondisi badannya. Namun memasuki usia empat bulan, bayi seharusnya sudah memiliki ritme tidur yang teratur.

Perbaiki dengan:
Mulailah dengan membangunkan bayi Anda di pagi hari pada waktu yang sama dan juga mulai menidurkannya  di malam hari pada waktu yang sama pula. Aturan ini juga berlaku untuk waktu istirahatnya di siang hari. (DEN)

Foto: Fotosearch

Baca juga:
Menjaga Bayi Agar Tetap Sehat
4 Buku Pengisi Me Time Mama
Inilah 4 Keuntungan Me Time yang Dirasakan Mama

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Jaga Diri Demi Si Buah Hati

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia