Kapan Bayi Mengucap Kata Pertama

Walau hanya tertawa atau malah menangis, Anda pasti sangat bahagia saat bisa mendengar suara anak Anda. Apalagi saat ia bisa merespon Anda. Tapi, di usia berapa bulan ya, ia akan melontarkan kata pertamanya?

Menurut Alzena Masykouri M.Psi., Saat anak mengucap kata pertama bisa menjadi bukti bahwa si kecil sudah berkembang, dan memungkinkan si kecil akan segera berbicara dengan mama papanya. Ah, tidak sabar rasanya.

Sabar dulu Ma. Terdapat tahapan yang harus si kecil lalui hingga akhirnya nanti ia dapat mengucap kata pertama yang berkembang menjadi kalimat, dan kemampuan berbahasa. Berikut tahapannya:

Usia 0 – 6 bulan
Menurut Alzena, kemampuan bicara dan berbahasa sebenarnya dimulai dari tangisan. Ketika bayi, ia menyampaikan perasaan dan keinginannya terhadap dunia luar (baca: orang lain) melalui tangisan. Jika diperhatikan, tiap tangisan si kecil sebenarnya berbeda dan memiliki arti yang berbeda pula.

Inilah cikal bakal si kecil bicara dan berkomunikasi. Ia akan mengeluarkan suara mengoceh (babbling) dan mengenali suara-suara yang dikenalnya. Kembangkan kemampuan bicaranya! Coba berikan respon saat si kecil menangis atau mengoceh.

Ini menunjukkan kepada si kecil bahwa kita mengerti maksud yang ia coba sampaikan. Coba juga berbicara kepada bayi Anda ketika Anda sedang melakukan aktivitas bersamanya, saat makan, ganti popok, mandi, atau sekadar mengajaknya bermain. Nyanyikan juga bayi Anda lagu dengan alunan musik lembut untuk berkomunikasi dengannya.

Usia 6 – 12 bulan
Di usia ini, bayi menunjukkan respon terhadap bicara dan berbahasa. Ia memulai komunikasinya dengan lingkungan sekitar melalui gerak tubuh. Ia mulai dapat melambaikan tangan, menunjukkan respon ketika namanya dipanggil, dan menunjukkan pemahaman terhadap benda-benda yang sering digunakan. Selain itu, ia juga tertarik pada buku cerita, memusatkan perhatian ketika diajak berbicara, mulai mengoceh dengan ekspresif seperti ia sedang berbicara serius, dan beberapa anak mulai mengatakan kata-kata pertamanya. Kembangkan kemampuan bicaranya!

Di tahapan usia ini, berbicara dengan si kecil menjadi semakin menyenangkan. Coba mulai ajarkan bayi Anda menyebut nama benda yang sering digunakan. Ucapkan dengan jelas dan tidak terlalu cepat dan hargai setiap usahanya mengulang kata yang Anda sebut. Teruslah menceritakan aktivitas yang Anda lakukan bersama. Anda juga bisa mulai menunjukkan gambar-gambar di majalah atau buku sambil menyebutkan nama gambar yang dilihat. (Gita R. Chandra/Foto:dok.Feminagroup)

Baca juga: Saat Bayi Mengenali Suara Mama

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Kapan Bayi Mengucap Kata Pertama