Komunitas Kuman


7. Taman
Rasanya mustahil untuk bisa menghindari semua kuman yang berada di area ini. Letaknya yang berada di luar rumah membuat begitu banyak kuman dan bakteri yang menghinggap.
Lakukan: Awasi si kecil, cegah bila ia ingin menyentuh mulut, hidung, atau mata ketika berada di taman dan bersihkan tangannya dengan sabun antiseptik sebelum meninggalkan taman. Apabila Anda mempunyai kotak pasir di taman, tutuplah ketika Anda tidak menggunakannya.
 
8. Boneka
Para peneliti dari University of Otago, Selandia Baru mengungkapkan, boneka merupakan tempat yang nyaman bagi debu dan tungau yang dapat memperburuk demam. Bila buah hati Anda kerap memeluk boneka saat bermain atau tidur, maka ia pun berisiko terkena asma.
Lakukan: Cuci  boneka secara berkala maksimal setiap 1 bulan sekali untuk menghilangkan bakteri maupun virus pemicu alergi.
 
9. Pegangan dan tempat duduk di trolley
Menurut Charles Gerba, Ph.D, ahli mikrobiologi dari Universitas Arizona, AS, 70-80 % trolley terkontaminasi bakteri E.coli yang bisa menyebabkan diare, perut melilit, mual dan muntah. Waspadai juga pada tempat duduk anak di trolley, karena di situlah tempat bersarangnya para mikroba. Tempat ini bersentuhan dengan raw food ditambah bokong si kecil yang meninggalkan jejak bakteri dan kuman dari popok.
Lakukan: Hindari meletakkan si kecil di dalam kereta belanja, karena berisiko besar tercemar bakteri E. Coli, Salmonella dan Campylobacter. Bila memang harus meletakkannya di sana, gunakan tisu yang sudah disemrpotkan desinfektan atau antiseptik pada pegangan dan tempat duduk anak sebelum menyentuhnya.
 
10. Remote Control
Benda ini telah berulang kali terjatuh ke lantai, terselip di sofa, dipegang oleh seluruh anggota keluarga, tercemar virus penyebab batuk, demam dan sebagainya. Jika si kecil sampai memegangnya, pasti ia akan tertarik untuk melakukan ‘tes’ pada benda ini dengan memencet tombol dan mengarahkanya ke mulut.
Lakukan: bersihkan remote tv dan AC secara berkala dengan cairan antiseptik, namun jangan sampai cairan itu masuk ke celah tombol, karena bisa merusak benda tersebut. Cuci tangan Anda dan si kecil seusai memegang remote.
 
11. Tangan
Tangan Anda merupakan penghantar bakteri dan kuman yang paling efektif yang bisa menularkan bermacam virus kepada si keci.
Lakukan: Cuci tangan secara rutin, seperti sebelum bermain dengan si kecil, setelah mengganti popok dan sebelum menyiapkan makanan. Gosok seluruh permukaan tangan secara benar dengan sabun antiseptik selama 20 detik pada air yang mengalir, lalu bilas hingga kering. (DEN)

Foto: Fotosearch

Baca juga:
Hati-hati, Kandungan Kuman di Botol Minum Anak
Kaki Anak Bersih Bebas Kuman
‘Berteman’ dengan Kuman

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Komunitas Kuman

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia