Panduan Terbaru Cegah SIDS

Mama bisa cegah bayi alami Sudden Infant Death Syndrome (SIDS), melalui panduan berikut ini:


Hingga usia enam bulan, bayi Anda lebih aman dalam boks di kamar tidur Anda dibandingkan di kamarnya sendiri, menurut American Academy of Pediatrics dalam kebijaksanaan barunya dalam mencegah Sudden Infant Death Syndrome (SIDS). Sayangnya, membiarkan anak tidur di tempat tidur Anda akan meningkatkan risiko ini.


“Kami mencari bukti-bukti bahwa berbagi tempat tidur itu aman dalam kondisi tertentu – bila mama tidak merokok, tempat tidur bebas dari seprei yang longgar dan bantal empuk – namun hasilnya nihil,” tutur John Kattwinkel, M.D., ketua dari SIDS task force. Ini nasihatnya: Bila Anda menyusui anak di tempat tidur, Anda bisa saling berdekatan dan bahkan membiarkannya tertidur. Namun, letakkan bayi Anda di tempat tidur sendiri yang aman sebelum Anda tidur. (Setelah usia enam bulan, ia baru boleh tidur di kamarnya sendiri)


Ini dia beberapa rekomendasi baru:


• Hindari tidur miring. Sekarang terbukti posisi ini lebih berbahaya ketimbang tidur telentang.
• Telentangkan bayi-bayi prematur. Kebanyakan di antaranya tidur tengkurap atau miring di NICU (Neonatal Intensive Care Unit) untuk melegakan napasnya. Namun begitu pulang ke rumah, ini waktunya untuk mengubahnya ke posisi telentang.
• Biarkan bayi Anda menghisap dot, bila Anda mau. Sampai usia enam bulan, ini bisa menambah perlindungan terhadap SIDS lho.

Aturan mencegah SIDS lainnya tetap saja sama: Tidak boleh ada seprei yang longgar, bantal, atau mainan empuk di boks. Dan jangan terlalu ‘membungkus’ bayi, suhu kamar tidurnya terlalu panas, atau merokok dalam rumah.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Panduan Terbaru Cegah SIDS

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia