Tips Pilih Sendok dan Cangkir Bayi


Pilih sendok makan sesuai usia si kecil. Sebab sendok turut memengaruhi tumbuh kembangnya. Peralatan makan yang tidak sesuai dengan perkembangan dan tidak disukai si kecil, akan membuat bayi mogok makan. 

Usia 4-6 bulan, pilih yang bergagang panjang, tidak terlalu cekung, terbuat dari karet atau plastik lunak sehingga tepinya tidak keras dan tajam. Untuk digunakan si kecil minum ASI dari cangkir. Jika sudah berusia 6 bulan, dapat digunakan untuk belajar makan makanan padat pertamanya.

  • Usia 9-12 bulan, pilih yang ujungnya agak lebar dan bergagang pendek serta tebal. Untuk dipakai anak belajar memegang sendok sendiri dan memasukkan makanan ke mulutnya.
Berikut tips memilihnya :  

1.    Pilih yang terbuat dari material aman bagi bayi dengan BPA, PVC, Phthalate FREE dan diswasher save
2.    Warnanya harus menarik, agar anak semakin bersemangat menyantap makanannya.
3.    Sesuaikan dengan usia bayi. Jangan sampai bayi trauma makan akibat sendok yang tidak tepat. 

Cangkir
  • Usia 4-6 bulan, pilih yang tidak terlalu besar, terbuat dari plastik atau melamin, bertutup lunak yang berlubang untuk sedotan, dan memiliki dua pegangan sehingga si kecil dapat belajar memegang dengan kedua tangannya.
  • Usia 9-12 bulan, pilih yang tidak memiliki pegangan atau hanya satu pegangan sehingga anak dapat belajar  memegang gelas, bertutup lunak dan berlubang untuk sedotan atau tutupnya berlubang seperti dot. (DEN)

Foto: Pixabay

Baca juga:
Anak Belajar Pakai Sendok
Makan pakai sendok
Hati-hati Minum Obat Pakai Sendok Makan

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Tips Pilih Sendok dan Cangkir Bayi

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia