4 Panduan “Diam” di Rumah Saja Bersama Si Kecil


 

Merespons semakin banyaknya pasien positif COVID-19, perusahaan Anda dan suami tiba-tiba mengumumkan kebijakan “merumahkan” untuk seluruh karyawannya. Anak-anak pun juga mendapat pengumuman tentang penonaktifan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Tunggu dulu, Anda sekeluarga tidak bisa begitu saja berbahagia karena ini bukanlah liburan.
 
Ini adalah salah satu bentuk pelaksanaan social distancing atau jarak sosial yang berguna untuk memperlambat laju penyebaran virus. Nah, bila biasanya saat semua orang berkumpul di rumah untuk menikmati liburan, selama 2 pekan ini semuanya tetap harus menjalankan aktivitas masing-masing. Tentu Anda dan keluarga butuh penyesuaian agar bisa tetap produktif dan memenuhi target masing-masing.
 
Apa saja yang perlu dipersiapkan? Sahabat Keluarga Kemendikbud memberikan panduan untuk Anda:
 

1. Diskusi Bersama Anak

Beri penjelasan ke anak bahwa pada 2 minggu ke depan akan melakukan kegiatan di rumah karena di luar banyak virus. Buat suasana nyaman di rumah.
 

2. Buat Daftar Menu

Dengan membuat jadwal makan dan menu, orang tua akan bisa mengatur belanja sesuai dengan kebutuhan. Ini mengurangi risiko saat panik.
 

3. Buat Daftar Aktivitas

Anda bisa membuat waktu belajar yang efektif, menentukan kapan waktu istirahat, dan kapan bermain atau membaca buku. Jangan lupa beri waktu untuk terpapar matahari.
 

4. Buat Jadwal untuk Diri Sendiri

Luangkan waktu untuk memasak sendiri agar mengurangi kesempatan untuk bertemu dengan orang lain. Tentukan komitmen waktu kerja di rumah dan sempatkan olahraga di rumah.
 
Bila Anda memiliki anak yang masih balita dan belum sekolah, mungkin akan lebih sulit baginya untuk memahami konsep bekerja di rumah. Baginya, ketika Anda di rumah, maka ia bisa bermain dengan Anda. Oleh karenanya, beri ia pengertian bahwa Anda bisa menemaninya bermain bila sudah selesai bekerja. Izinkan ia untuk melihat langsung bahwa Anda bekerja dan biarkan ia bermain di sekitar Anda dengan tetap menjaga keamanannya.
 
Baca juga:
7 Tip Mendampingi Anak Belajar di Rumah Selama Sekolah Ditutup
6 Referensi Kreatif untuk Menjelaskan Virus Corona pada Anak-anak
5 Aktivitas Seru di Rumah Perkuat Ikatan Anda dengan Si Kecil
5 Materi Preschool Yang Bisa Dipelajari Sendiri di Rumah (PART 1)
5 Materi Preschool Yang Bisa Dipelajari Sendiri di Rumah (PART 2)
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK

 
 


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #viruscorona

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

4 Panduan “Diam” di Rumah Saja Bersama Si Kecil

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia