4 Pilihan Olahraga yang Baik saat Puasa




Mager, takut haus, khawatir terlalu capek, biasanya jadi alasan Anda untuk menghindari olahraga saat puasa. Padahal, tubuh juga harus bergerak, Ma! Apalagi, untuk Mama yang ingin jackpot berupa penurunan berat badan selama bulan Ramadan.
 
Pilihlah jenis olahraga low impact yang mana beban terhadap sendi tidak begitu besar. Apa saja yang bisa Anda coba?
 

1. Jalan Kaki
Aktivitas yang tidak butuh peralatan apa pun ini bisa dilakukan oleh siapa pun karena memiliki risiko cedera yang sangat rendah. Di samping baik untuk kesehatan tulang dan jantung, jalan kaki juga dapat membakar kalori.
 
Dalam sebuah penelitian oleh Université de Rouen, Mont Saint Aignan, Prancis, yang melibatkan 35 orang dewasa dengan indeks massa tubuh (BMI) 31,7-44,9, peserta konseling melakukan diet dan secara bertahap meningkatkan langkah harian mereka hingga mencapai 10.000. Setelah 6 bulan, para peserta mengalami penurunan BMI secara signifikan sebesar 3,7%.
 

2. Bersepeda Santai
Bersepeda memang menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari saat pandemi. Anda bisa memilih olahraga aerob ini selama bulan puasa. Bersepeda baik untuk pernapasan, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan mood terutama kalau lokasi bersepedanya menyenangkan dan banyak pemandangan hijaunya ya, Ma.
 

3. Yoga
Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh. Yoga juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan meredakan stres. Anda bisa mengunjungi YouTube tutorial yoga mulai dari beginner level hingga intermediate.
 

4. Pilates
Ingin olahraga resisten? Tak ada salahnya mencoba pilates. Olahraga ini bermanfaat baik dalam pembentukan otot serta kekuatan tubuh. Ada banyak kelas online yang bisa Anda ikuti.
 
Kapan Waktu yang Tepat?
Anda bisa memilih melakukan olah raga 30 menit sebelum berbuka atau 30 menit setelah berbuka sebagai waktu yang tepat untuk berolahraga. Jika Anda bertujuan untuk membakar lemak, maka sebelum berbuka adalah waktu yang tepat untuk berolahraga sebab perut dalam kondisi kosong.
 
Jika Anda ingin meningkatkan kekuatan dan massa otot, sebaiknya lakukan latihan setelah berbuka puasa. Sebab, melatih otot lebih berat dibandingkan latihan lain. Oleh karenanya, Anda butuh asupan lebih dari makanan yang bisa Anda dapatkan dari berbuka.


Baca juga:
Frekuensi dan Durasi Olahraga yang Tepat
4 Waktu Terbaik Berolahraga saat Puasa
Perut Jadi Rata Karena Olahraga atau Diet?
Perbedaan Hasil Olahraga Siang dan Malam
Jalan Kaki 1 Jam, Berapa Kalori yang Terbakar?
 
LTF
FOTO: FREEPIK

 


Topic

#ramadanparentingina #ramadanprana #ramadanbulanmulia #ramadan #puasaramadan

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

4 Pilihan Olahraga yang Baik saat Puasa