5 Cara Tetap Menemukan Gairah Hidup Setelah Punya Anak


 



















Ada beragam cara bagi Anda untuk dapat tetap mewujudkan gairah hidup Anda setelah menjadi mama.

Ingat semua hal yang dulu sering Anda lakukan sebelum Anda memiliki anak? Tidak? Bila tidak, hal ini juga banyak dialami oleh orang tua lain yang sudah memiliki anak. 

Begitu anak-anak masuk ke hidup Anda, Anda pun lantas mengubur hasrat Anda di bawah keinginan mereka - dan menjadi sering dibayangi perasaan takut untuk melakukan me time. Tetapi, ingat ini, Ma: Gairah hidup dapat membuat Anda menjadi benar-benar hidup, baik sebagai pribadi maupun orang tua!

Jadi, penting bagi Anda untuk terus mengejar apa yang menjadi gairah hidup Anda.

Dan inilah masalahnya: Jangan samakan menghidupkan gairah hidup dengan "memanjakan" karena itu adalah istilah yang mengandung konotasi egois.

Sebagai gantinya, anggap itu sebagai percikan penerangan di dalam diri Anda, yang mana cahayanya juga akan jatuh pada keluarga Anda.

Karena, mengabaikan gairah Anda bisa membuat Anda merasa jenuh, bahkan tertekan.

Di malam hari, ketika Anda hendak tidur, meski sudah melakukan berjuta pekerjaan, Anda merasa belum menyelesaikan sesuatu. Dan hal itu mungkin terjadi karena Anda tidak menghabiskan waktu menjalani apa yang menjadi gairah hidup Anda.

Nah, untuk membantu Anda menemukan hobi atau aktivitas apa yang menjadi gairah hidup Anda, dilansir dari Parents.com, pertimbangkan tip dari Meryl Davids Landau dalam bukunya Enlightened Parenting: A Mom Reflects on Living Spiritually With Kids berikut ini:

1. Pikirkan tentang apa yang Anda sukai saat masih kecil
Saat kecil Anda senang mengoleksi koin jadul? Bergambunglah dengan klub pengoleksi koin. Bila Anda punya impian untuk mendaki gunung, bergabunglah dengan grup pendaki. Hal ini dapat memuaskan jiwa Anda.

2. Lakukan apa yang benar-benar Anda sukai saat Anda bersama anak-anak
Bukan hal-hal yang hanya membuat anak Anda senang, tetapi hal yang juga membuat Anda senang saat bersama dengan anak. Misalnya, Anda bermain susun puzzle sambil menikmati secangkir teh hangat dengan iringan lagu pop kesukaan Anda setelah si kecil pergi ke tempat tidur.

3. Dengarkan suara hati Anda
Semua jawaban hidup sebenarnya ada di dalam diri Anda, tetapi kita terlalu sibuk beraktivitas seharian sehingga lupa mendengarkan suara hati yang memberi tahu apa yang perlu Anda lakukan.

Luangkan 10 menit setiap pagi duduk dengan tenang sendirian, fokus ke napas Anda yang lamban dan dalam. Kemudian, sementara dalam keadaan kesadaran tinggi, tanyakan kepada diri sendiri apa yang ingin Anda lakukan.

Baca juga: Manfaat Meditasi untuk Ketenangan Batin

4. Pikirkanlah di mana Anda ingin pergi bersama keluarga Anda, bahkan jika anak Anda merasa keberatan dengan itu.
Pilihlah tempat yang Anda senang kunjungi. Misalnya, Anda senang pergi ke kebun teh di daerah Puncak, maka ajaklah anak Anda sama-sama menikmati apa yang Anda senangi itu.

5. Membayangkan karya Anda terwujud
Menciptakan sesuatu yang artistik, bisa berupa musik, lukisan, foto, tulisan, masakan, tarian - adalah salah satu jenis gairah. Semua hasrat membuat kita merasa senang dan puas. Coba pikirkan proyek yang akan Anda kerjakan, jika Anda punya waktu.

Apa yang terlintas dalam pikiran? Nah, lakukan setidaknya versi sederhana dari hal itu sekarang.

Mendaftarlah untuk kelas tembikar satu kali, atau mulailah membuat jurnal. Jangan biarkan diri Anda menyensor atau menilai bakat Anda.

Idenya adalah merasa senang saat Anda melakukannya - untuk memberi diri Anda kehidupan yang penuh dan bahagia di luar kegembiraan yang Anda dapatkan dari anak Anda yang luar biasa. (Debora Darmawan)

 
Baca juga: Inilah 4 Keuntungan Me Time yang Dirasakan Mama

Foto Dok.123RF

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

5 Cara Tetap Menemukan Gairah Hidup Setelah Punya Anak

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia