5 Penyebab Sakit Kepala yang Jarang Anda Ketahui



 

Sakit kepala adalah gangguan yang buruk untuk aktivitas Mama. Ketika nyeri semakin melanda dan Anda ingin istirahat sebentar, ternyata sudah waktunya menjemput si sulung, dan si adik malah meronta-ronta minta ditemani bermain.
 

Memang slogan bahwa Mama dilarang sakit itu bisa dibenarkan, bahkan untuk sakit kepala sekalipun. Tahukah Anda apa saja yang menyebabkan Anda sakit kepala?
 

Berikut ini adalah penyebab sakit kepala yang mungkin jarang Anda ketahui:
 

  1. Perubahan Hormon

Pernahkah Anda tahu bahwa perempuan punya satu penyebab sakit kepala yang tidak dialami laki-laki? Ya, perempuan biasanya mengalami sakit kepala yang terkait dengan fluktuasi hormonal. Dr. Judith L. Marcin, M.D., dokter keluarga di Chicago, AS, menyebut bahwa baik itu menstruasi, konsumsi pil KB, dan kehamilan, semuanya memengaruhi kadar estrogen Anda, yang bisa menyebabkan sakit kepala.
 

Sakit kepala yang terkait secara khusus dengan siklus menstruasi dikenal sebagai migrain menstruasi. Ini dapat terjadi tepat sebelum, selama, atau tepat setelah menstruasi, serta selama ovulasi.
 

  1. Kebanyakan Kafein

Banyak yang mengatakan bahwa jantungnya berdetak lebih kencang ketika terlalu banyak mengonsumsi kafein. Ternyata, selain itu, terlalu banyak kafein juga dapat menyebabkan sakit kepala. Kafein memengaruhi aliran darah ke otak Anda dan mengubah zat kimia di otak sehingga memicu sakit kepala.
 

  1. Berolahraga Terlalu Berat

Aktivitas fisik atau olah raga yang terlalu intens seperti angkat beban atau lari juga dapat menjadi penyebab sakit kepala. Aktivitas ini diduga menyebabkan peningkatan aliran darah ke tengkorak Anda, yang dapat menyebabkan sakit kepala berdenyut di ke dua sisi kepala Anda.
 

  1. Gula Darah Rendah

Bila Anda mengalami sakit kepala di sekitar dahi, nyeri di leher, rahang, atau kulit kepala, serta merasa lemah dan lesu, ada kemungkinan Anda memiliki kadar gula darah yang rendah.
 

  1. Terlalu Banyak Menatap Layar

Sakit kepala juga bisa sangat berkaitan dengan mata yang tegang karena terlalu lama menggunakan komputer, laptop, atau ponsel. Ini dapat mengakibatkan rasa nyeri di area kepala bagian depan serta tengkuk.

 

Baca juga:

Sakit Kepala, Beda Keluhan, Beda Pengobatan

Atasi Sakit Kepala Tanpa Obat

 

(LELA LATIFA)

FOTO: FREEPIK

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

5 Penyebab Sakit Kepala yang Jarang Anda Ketahui

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia