6 Trik Lebih Hemat Belanja Baju Lebaran


 

Lebaran, identik dengan baju baru. Dan biasanya, di momen spesial ini, Anda sekeluarga membutuhkan lebih dari satu baju untuk dikenakan. Waaah, jadi berapa anggaran yang Anda butuhkan, ya?
 
Seperti tradisi pasar juga, menjelang hari-hari terakhir Ramadan, berbagai toko di pusat perbelanjaan pasti memajang tulisan “Diskon” dengan huruf merah besar. Nah, Anda patut hati-hati dengan ini. Jangan sampai Anda tergoda dan kalap membeli baju hingga melebihi anggaran. Ujung-ujungnya, uang THR cepat sekali perginya.
 
Agar tak kalap dan memakan banyak anggaran dari uang THR, Anda bisa menggunakan trik dari Lauren Bowling, penulis finansial yang juga merilis buku The Millenial Homeowner: A Guide to Succesfully Navigating Your First Home Purchase berikut ini untuk berbelanja baju:
 
5% Saja
Lauren menyatakan bahwa anggaran maksimal yang tepat untuk membeli baju setiap bulan adalah 5% saja. Artinya, sisihkan 5% dari uang THR Anda segera setelah mendapatkannya. Jangan menghabiskan lebih dari ini.
 
Metode 50-30-20
Dari anggaran 5% yang sudah Anda miliki tadi, ada baiknya Anda membelanjakannya dengan bijak. Anda bisa mempraktikan metode 50-30-20, yakni menggunakan 50% anggaran terlebih dahulu dari total anggaran 5% Anda. Bila masih kurang, maka Anda bisa memakai yang 30% lagi dan begitu seterusnya.
 
Keuntungan dari metode ini adalah bila Anda sudah merasa cukup berbelanja di angka 50%, maka Anda masih memiliki sisa untuk disimpan. Di samping itu, metode ini juga dapat mengontrol agar Anda tidak melebihi anggaran.
 
Investasi dalam Kualitas, Bukan Kuantitas
Anda mungkin senang bila memiliki banyak baju karena bisa digunakan untuk berganti-ganti dan mix and match. Namun jangan terjebak pada kuantitas ya, Ma. Sebaiknya pilihlah baju berdasarkan kualitasnya, sekalipun harganya lebih mahal. Ini bisa diartikan, Anda sedang berinvestasi jangka panjang dengan cara yang cerdas.
 
Beli Barang Bekas
Beberapa baju lebaran yang memang menjadi tren seperti kaftan, gamis, atau loose skirt memang dijual dengan harga yang tidak murah. Membeli beberapa item dengan harga yang cukup tinggi dalam satu waktu sekaligus memang tidak merugikan. Namun, akan lebih menguntungkan lagi bila Anda mendapatkan beberapa baju dengan harga yang lebih murah. Mengingat, beberapa baju lebaran sifatnya occasional atau hanya bisa dipakai sekali-kali saja—tidak semua cocok dipakai sehari-hari.
 
Oleh karenanya, tak ada salahnya mulai mencoba membeli barang second. Anda bisa mencoba mengunjungi berbagai toko online yang menjual baju thrift store atau preloved. Pastikan Anda membaca ulasan dari pembeli sebelumnya untuk membuat keputusan membeli. Sebelum mengenakan, cuci dulu baju tersebut dengan air hangat.
 
Belanja Online
Belanja online punya keuntungan untuk membedakan berbagai macam harga untuk satu baju dari berbagai toko. Selain itu, biasanya mereka juga punya berbagai diskon tertentu atau potongan harga pengiriman.
 
Be Creative!
Anda sebetulnya tak harus membeli tiga pasang baju untuk tiga keperluan lebaran sekaligus. Anda bisa membeli per potong, misalnya saja dengan membeli rok saja lalu dikombinasikan dengan atasan yang sudah Anda punya. Ini tentu cara yang mudah untuk menghemat anggaran.
 
 
Baca juga:
Cermati Aneka Penawaran Diskon
Lima Tip Belanja Hemat Saat Diskon
Apakah Baju Baru Lebaran Sebaiknya Dicuci Dulu?
Cara Lain Mempercantik Rumah Jelang Lebaran
Penyebab Boros Saat Lebaran
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: UNSPLASH
 
 

 

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

6 Trik Lebih Hemat Belanja Baju Lebaran

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia