7 Suplemen Penambah Kesuburan Wanita


Ingin memiliki momongan? Selain memperbaiki pola makan, tubuh Anda juga membutuhkan asupan suplemen. Tujuannya, agar proses pembentukan sel-sel dan jaringan janin terpenuhi. Inilah beberapa suplemen yang dibutuhkan oleh calon bunda untuk membantu kesuburan:

1. Asam folat atau vitamin B9 diperlukan untuk proses pembentukan nukleotida atau salah satu bagian inti sel, serta tabung saraf janin. Dengan memenuhi kebutuhan asam folat sejak sebelum hamil, risiko janin mengalami cacat janin yang disebut spina bifida atau sumbing pada tulang belakang, serta gangguan pembentukan tulang tengkorak, dapat diturunkan hingga 80%.

Rekomendasi: 0,4 mikrogram/hari, selama 4 bulan sebelum hamil, atau  paling tidak 1 bulan sebelum hamil.

2. Vitamin B6 atau piridoksin diperlukan untuk membantu proses metabolisme asam amino dan protein, serta menjaga fungsi sistem saraf, sistem kekebalan tubuh, kelancaran pembentukan sel darah merah, dan fungsi jantung.

Rekomendasi: 1,3 miligram/hari.

3. Vitamin B12 atau sianokobalamin dibutuhkan untuk menjaga pembentukan sel-sel darah merah berjalan normal agar kelak bila Anda hamil, asupan zat gizi kepada janin melalui darah dapat berjalan lancar. Vitamin ini juga diperlukan untuk menjaga kerja sistem saraf dan sistem peredaran darah.

Rekomendasi: 2,4 mikrogram/hari.

4. Vitamin A atau retinol diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, kulit, saluran pencernaan, dan saluran kemih.

Rekomendasi: 500 RE (retinol equivalent) /hari.

5. Vitamin D atau kalsiferol berperan dalam proses penyerapan kalsium (Ca) dan membantu fungsi fosfor dalam pembentukan tulang janin, serta menjaga kekuatan tulang ibu sebelum proses kehamilan terjadi. Pemenuhan kebutuhan vitamin D sebelum hamil menurunkan risiko pre-eklampsia.

Rekomendasi: 5 mikrogram/hari.

6. Vitamin E atau tokoferol dibutuhkan untuk menguatkan membran sel sehingga tidak mudah rusak atau sobek. Vitamin ini juga menurunkan risiko Anda mengalami keguguran.

Rekomendasi: 15 miligram/hari.

7. Vitamin K berfungsi membantu proses penggumpalan darah. Proses penggumpalan darah ini penting pada saat persalinan dan setelahnya agar tidak terjadi pendarahan yang berlanjut. Vitamin K juga membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang Anda, serta janin Anda kelak.

Rekomendasi: 55 mikrogram/hari.


Baca Juga: Kenali 3 Siklus Kesuburan Agar Cepat Hamil

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia