7 Trik Menata Barang di Rumah


Coba lihat ke sekeliling rumah Anda, Ma. Adakah barang-barang berserakan yang perlu ditata? Jika, ya, beberapa tips ini mungkin berguna.

RAK BUKU
Anak mulai gemar membaca buku? Wah, rasanya Anda perlu punya sedikit ruang untuk menyimpan koleksi bukunya. Tapi bagaimana kalau rumah terlalu sempit dan tak ada tempat lagi? Tenang saja, Ma. Rak buku yang menjulang tinggi sampai atap bisa menjadi solusi. Toko-toko furnitur kini sudah banyak yang menjualnya. Memang sih, kelihatannya tampak berlebihan, tapi buku-buku bisa tertata rapi dengan adanya rak ini. Supaya tampak lebih cantik, jangan hanya memadati rak dengan buku, tapi letakkan juga pajangan, kumpulan kaset DVD, atau beberapa benda lainnya. Bisa juga manfaatkan ruang di bawah tangga untuk menyimpan rak buku. Tata rapi, dan jika memungkinkan beri 1 kursi nyaman atau karpet plus bantal. Jadilah perpustakaan mini si kecil!

BOLA-BOLA ANAK
Anak laki-laki Anda suka bermain bola? Daripada bola-bola sepaknya berantakan di sudut kamarnya, lebih baik pasang rak di kamarnya. Letakkan bola-bola sepak itu di rak. Pada akhirnya, bola-bola sepak si kecil bisa menjadi salah satu ikon dekorasi yang mempercantik ruangan.

HASIL KARYA ANAK
Maestro kecil Anda pasti punya banyak gambar di kertas-kertas. Sediakan area untuk memajang gambar-gambarnya sebagai bentuk apresiasi. Anda bisa memasang sebuah papan di sebidang tembok di dekat dapur untuk menempelkan karya-karya anak. Letakkan dengan posisi rendah supaya bisa dijangkau anak. Biarkan anak memajang kreasinya di papan menggunakan magnet. Boleh juga beri hiasan di setiap sisi papan supaya tampak menarik. Cukup mudah kan, Ma?

PERALATAN MAKAN
Memang, sih, dapur adalah ruangan yang jarang terlihat oleh tamu. Tapi bukan berarti ruangan ini boleh diabaikan. Agar dapur tampak lebih tertata, simpan piring-piring dan gelas-gelas cantik Anda di rak berkaca. Simpan sesuai dengan fungsi dan kategorinya supaya ketika dibutuhkan, Mama tak lagi bingung mencarinya.

PAKAIAN DI LEMARI
Mama sering membuang banyak waktu untuk memilih pakaian saat hendak berangkat kerja? Kebiasaan ini bisa diatasi dengan merencanakan baju-baju yang dipakai dalam sepekan atau bahkan sebulan. Buat label-label dari kertas karton warna-warni, kemudian tulis tanggal, lalu tempel di masing-masing gantungan baju. Mama tak lagi bingung memilih baju setiap hari, lemari pakaian pun bisa tampak lebih cantik karena label tersebut bisa menjadi ikon dekorasi yang manis.

BENDA-BENDA DI KOLONG TEMPAT TIDUR
Agar lebih praktis dan mudah bagi anak-anak, sediakan sebuah kotak, atau keranjang kosong di setiap kolong tempat tidur. Wadah ini dapat digunakan untuk menyimpan mainan yang sering digunakan atau baju-baju kotor.

SORTIR YANG TAK PERLU
Saat anak masih satu, mainannya masih sedikit. Tapi setelah punya dua anak, wah, pasti mainannya sudah menumpuk di rumah. Itu sebabnya, Mama harus rajin-rajin menyortir setiap bulan. Anak-anak biasanya menyenangi satu atau dua mainan saja, sehingga kita tidak harus berlama-lama menyimpan mainan mereka. Apalagi untuk mainan yang sudah rusak atau pecah, relakan untuk membuangnya. Mainan yang sudah disortir dan kondisinya masih baik bisa diberikan kepada anak-anak lain.

Baca juga : 3 Langkah Mudah Menanam Cabai di Rumah

 

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia