8 Kebiasaan Sehat Keluarga Masa Kini



 

Kesehatan adalah hal yang paling utama di masa pandemi ini. Untuk menjadi sehat, Anda pun harus memiliki kebiasaan hidup yang sehat. Di situasi yang serba sulit ini, kebiasaan sehat seperti apa yang bisa keluarga Anda kembangkan?
 

  1. Piring Pelangi

Pastikan mengisi piring keluarga Anda dengan aneka bahan. Selain menarik saat disajikan hingga menggugah selera makan, isi piring yang warni-warni tentu juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian keluarga Anda.
 

Sisipkan setidaknya warna pelangi dari buah dan sayur antara merah, oranye, hijau, kuning, putih, dan biru. Bantu anak-anak mengenali nilai gizi dari pelangi mereka. Menurut panduan Isi Piringku Kementerian Kesehatan RI, isi satu porsi piring yang ideal terdiri dari 2/3 makanan pokok, 1/3 lauk (protein nabati dan hewani), 2/3 sayur, dan 1/3 buah.
 

  1. Sarapan, Sesibuk Apa pun

Banyak keluarga yang melewatkan sarapan lantaran waktu yang sangat sempit. Ada anak-anak yang terburu-buru mau sekolah daring lantaran bangun kesiangan. Atau ada Anda dan suami yang sibuk menyiapkan pekerjaan. Padahal, sarapan sebelum memulai aktivitas sangat bermanfaat. Sarapan menjadi sumber energi Anda dan keluarga untuk sepanjang hari.
 

Sarapan juga dapat meningkatkan konsentrasi dan kemampuan mengingat. Di samping itu, kebiasaan sarapan juga dapat menjaga berat badan sehat Anda dan meminimalisir risiko obesitas. Sebab, kebiasaan sarapan dapat menghindarkan Anda dari makan berlebihan di siang hari.
 

  1. Nikmati Bergerak

Untuk tetap sehat, Anda perlu bergerak. Tak perlu membayangkan bahwa bergerak harus berarti olah raga. Tidak semua orang dewasa dan anak juga menyukai kelas olah raga. Di samping itu, olah raga di ruang tertutup juga termasuk aktivitas dengan risiko penularan COVID-19 yang tinggi.
 

Temukan aktivitas fisik yang menyenangkan dengan permainan yang bisa dinikmati semua keluarga. Lakukan di teras rumah atau di taman komplek Anda.
 

  1. Stop Kecanduan Sofa dan Layar

Terlalu lama di rumah saja mungkin membuat Anda mati gaya. Tapi, pastikan untuk tidak kecanduan sofa dan layar.
 

Terlalu lama duduk dan bermalas-malasan di sofa untuk menatap layar ponsel, tablet, atau TV adalah gaya hidup sedentari yang harus dihentikan. Anak-anak juga sebaiknya tidak duduk dan menatap layar lebih dari 1 atau 2 jam. Gaya hidup sedentari dapat meningkatkan risiko obesitas.
 

  1. Membaca Setiap Hari

Membaca punya berbagai manfaat, seperti meningkatkan kosakata, mengurangi stres, menjaga kemampuan daya ingat, bahkan melawan dementia. Di samping itu, membaca juga dapat meningkatkan ikatan antara orang tua dan anak-anak. Lakukan sebelum tidur.
 

  1. Minum Air Putih

Ada berbagai pilihan minuman segar di luar sana: soda, sirup, jus kemasan, atau minuman dari bubuk berbagai macam rasa. Tapi, pastikan Anda dan keluarga tetap mengutamakan air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Bayi dan anak hingga 18 tahun membutuhkan sekitar 700 ml sampai 2 liter air putih per hari, dan orang dewasa perlu minum minimal 8 gelas atau 2 liter air putih per hari.
 

  1. Makan Malam Bersama

Selama di rumah saja, Anda dan keluarga jadi selalu berkumpul terus. Tapi coba renungi lagi, apakah selalu bertemu artinya Anda sekeluarga selalu terkoneksi? Semuanya mungkin sibuk dengan aktivitasnya masing-masing walau sama-sama di rumah.
 

Untuk itu, cobalah nikmati malam untuk berkumpul di meja makan dan makan bersama. Peneliti di University of Florida menyebut bahwa makan malam bersama membuat orang makan makanan lebih bergizi, anak-anak terhindar dari picky eater, dan tidak mengalami obesitas.
 

  1. Be Positive

Kita tidak tahu kondisi ini akan berjalan sampai kapan. Ada banyak hal yang berubah. Mungkin ada perasaan kecil hati yang Anda maupun anak-anak rasakan saat ada beberapa hal yang tidak berjalan sesuai keinginan. Misal, rencana liburan yang gagal, atau tidak bisa bertemu Kakek-Nenek di hari perayaan besar.
 

Tapi, bantu anak-anak untuk tetap berpikir positif. Bantu mereka mengelola emosi dan ekspektasi dengan baik.

 

Baca juga:

Pandemi Memengaruhi Kesehatan Mental Anak

Pandemi Belum Usai, Ini 5 Cara Jauhkan Anak-anak dari Stres

Mengajarkan Kebiasaan Sehat

Kebiasaan Sehat Ini Dapat Kurangi Risiko Terkena Stroke

Pentingnya Makan Bersama Keluarga

 

(LELA LATIFA)

FOTO: FREEPIK

 

 

 

 

 

 


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #covid-19

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

8 Kebiasaan Sehat Keluarga Masa Kini

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia