Agar Pengasuh Anak Betah Bekerja


Beberapa waktu lalu di media sosial beredar iklan kampanye untuk memperlakukan pengasuh anak-anak kita dengan layak, karena mereka sudah membantu kita mengasuh dan merawat anak-anak. Sebenarnya, isinya agak kurang pas dan menyinggung peran mama, karena di situ digambarkan para pengasuh itu lebih memahami anak-anak yang diasuhnya ketimbang mamanya sendiri. Tetapi, mungkin kita bisa mengambil pesan awalnya, yakni untuk lebih memperhatikan kesejahteraan mereka.

Di Indonesia memang belum ada regulasi untuk standar aturan kerja dan penggajian untuk tenaga kerja domestik. Tetapi, paling tidak Anda bisa membuat aturan yang cukup fair untuk mereka. Beberapa hal berikut sebaiknya tidak Anda lupakan:
1. Job description. Jelaskan sejak awal. Alangkah baiknya jika dibuat secara tertulis dan dia pahami dengan baik apa saja tugas-tugasnya, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukannya.
2. Tentukan besaran gaji sesuai kesepakatan. Berikan bonus untuk hari-hari besar, boleh juga sebagai hadiah jika dia menunjukkan kinerja cemerlang.
3. Bayar gajinya sesuai waktu.
4. Memberinya hari libur. Ingat, mereka juga perlu memiliki kehidupan sendiri, terlepas dari rutinitas mengasuh anak-anak kita. Selain itu, sama dengan kita, rehat dari rutinitas bisa menjadi cara melerai kejenuhan, untuk mengisi kembali baterai yang sudah hampir habis.
5. Otonomi. Oke, Anda adalah nyonya rumah yang memberinya aturan-aturan penting. Tetapi, Anda tak perlu menjadi micromanager, yang terlalu detail mengecek segala macam yang dilakukannya. Izinkan dia melakukan variasi dalam pekerjaannya, selama tidak melanggar aturan Anda, misalnya mengenai jenis makanan dan waktu makan si kecil. Hal ini akan membuatnya lebih percaya diri dan bertanggung jawab.
6. Menganggap dan menghargainya sebagai partner Anda. Sesekali boleh minta masukannya jika dia menghadapi masalah dalam pekerjaannya. Kendati mungkin tidak cukup meyakinkan, setidaknya dia merasa didengar dan dihargai sebagai partner Anda. (foto: 123rf)

Baca juga : Agar Anak Tak Bergantung pada Pengasuh

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Agar Pengasuh Anak Betah Bekerja