Apa Kontrasepsi Tepat Untuk Ibu Menyusui?


Penggunaan kontrasepsi merupakan hal baik bagi kesehatan yang bermanfaat mengatur jarak kehamilan dan menjaga kesehatan organ intim.

Namun, semasa menyusui banyak ibu yang khawatir dan bingung memilih metode kontrasepsi yang tepat. Menurut Prof. Dr. dr. Biran Affandi, SpOG(K), FAMM, Ketua Asia Pacific Council on Contraception (APCOC) saat ditemui pada peringatan hari Kontrasepsi sedunia 2017 yang diselenggarakan bersama Bayer Indonesia, kontasepsi jenis IUD adalah kontrasepsi paling sesuai untuk ibu pada masa meyusui.

“Kontrasepsi IUD atau spiral baik untuk ibu menyusui karena tidak menekan produksi ASI,” jelas Prof. Biran.

Baca juga: Mungkinkah Hamil Meski Masih Pakai Kontrasepsi?

Alat kontrasepsi IUD merupakan kontrasepsi dari plastik berbentuk T seukuran uang logam yang ditempatkan di dalam rahim untuk mencegah kehamilan. Tersedia dua jenis IUD – satu yang tertutup dengan tembaga, yang lainnya mengeluarkan hormon progesteron. Kedua jenis IUD sangat efektif dalam mencegah kehamilan. Selama beberapa tahun, hanya 1 dari 100 pasangan yang menggunakan IUD akan mengalami kehamilan.

Namun, kontrasepsi IUD bukanlah alat yang dapat mencegah penyakit menular seksual maka itu selalu gunakan kondom untuk melindungi diri dari penyakit menular seksual. Gunakan kontrasepsi sesuai dengan kebutuhan Anda, untuk itu selalu lakukan konsultasi pada dokter sebelum menggunakan kontrasepsi. (Debora Darmawan)

 


Topic

kontrasepsi iud

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia