Cara Menghentikan Emotional Eating




Makan untuk menenangkan emosi negatif atau disebut emotional eating membuat Anda terjebak pada siklus perasaan buruk lainnya yang lebih besar. Pasalnya, ketika makan secara emosional, Anda cenderung makan dalam porsi yang berlebihan dan tidak kunjung berhenti saat kenyang. Akhirnya, Anda pun berisiko mengalami peningkatan berat badan yang pada gilirannya menghadirkan emosi negatif lainnya.
 
Apa yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan emotional eating ini?


Temukan Cara Lain Mengusir Stres
Ketika stres melanda, alih-alih membuka kulkas, pergi ke minimarket, atau browsing daftar makanan di aplikasi online, ada baiknya alihkan pada aktivitas lain seperti bertemu teman, jalan-jalan, mendengarkan musik, atau membaca buku. Anda juga bisa melakukan journaling. Elizabeth Scott, MS., penulis buku 8 Keys to Stress Management mengatakan bahwa journaling dapat membantu Anda melepaskan emosi-emosi negatif dalam seharian.
 

Gerakkan Tubuh Anda
Ketika Anda mulai merasakan emosi negatif, cobalah untuk bergerak. Jennifer Wasylenko, fisiolog olah raga menyampaikan bahwa melakukan aktivitas fisik membuat suasana hati Anda lebih baik dan meningkatkan hormon bahagia Anda. Anda bisa mencoba jalan kaki, jogging, atau bersepeda. Yoga juga latihan yang bisa Anda coba untuk menenangkan emosi Anda.
 

Meditasi
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Eating Behaviors menunjukkan bahwa meditasi bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan makan berkesadaran dan mengatasi gangguan makan berlebihan serta makan emosional.
 

Buat Food Diary
American Society of Nutrition berpendapat bahwa membuat food diary atau jurnal makanan membantu Anda mengidentifikasi pemicu yang dapat menyebabkan makan secara emosional. Di samping itu, dengan setia pada food diary, makanan yang Anda konsumsi dapat lebih terkontrol, termasuk ketika sedang emosional sekali pun.
 

Tidak Menyimpan Stok Comfort Food
Nah, keluarkan comfort food seperti es krim, cokelat, keripik, cake, dan lain sebagainya yang selalu Anda inginkan saat emosi.
 

Distraksi Aktivitas Anda
Anda mungkin bosan ketika berdiam diri hanya menonton TV atau scrolling ponsel, sehingga memicu makan emosional. Di saat seperti ini, lakukan distraksi dengan berbagai aktivitas seperti menelepon, bersih-bersih rumah, dan lain sebagainya. Bereksperimenlah dengan berbagai aktivitas yang Anda sukai.
 

Positive Self Talk
Ketika Anda memiliki emosi negatif, alih-alih melampiaskannya ke makanan, cobalah terhubung dengan diri sendiri dan lakukan self talk positif. Terima emosi Anda dan cari cara untuk mengelolanya.
 

 
LELA LATIFA
FOTO: FREEPIK

 



 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Cara Menghentikan Emotional Eating

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia