Cepat Langsing dengan Diet Tipe Ini

Menurut Dr. Lilian Cheung, pakar nutrisi dari Harvard University, Amerika Serikat, mindful eating adalah pedoman cara makan dengan penuh kesadaran. “Seperti meditasi, konsep mindful eating bertujuan mengembalikan fokus perhatian kita kepada kegiatan makan yang sedang dilakukan,” ujar Cheung. Apa nilai plus mindful eating? Menurut Cheung, karena kegiatan mengunyah dilakukan secara perlahan dan penuh konsentrasi, Anda akan lebih menyadari dan menikmati cita rasa, tekstur, serta karakteristik lain dari makanan. Anda pun jadi punya waktu lebih untuk mencerna sinyal ‘kenyang’, jika porsi makan sudah memenuhi jumlah yang diperlukan. Berikut langkah penerapan mindful eating.

Nikmati ketenangan
Jika terbiasa makan di tengah suasana hiruk-pikuk, maka acara makan yang dilakukan dalam keheningan akan mendatangkan sensasi baru pada segenap pancaindra. Sulit mendapatkan suasana tenang di tengah jam makan siang? Mulailah dengan menikmati sarapan atau makan malam di salah satu sudut tenang di rumah Anda.

Kunyah perlahan
Dari segi ilmu gizi, mengunyah perlahan sebanyak minimal 32 kali akan memungkinkan zat-zat nutrisi di dalam makanan terserap secara lebih optimal oleh tubuh kita. Mengunyah perlahan juga akan membuat Anda lebih sensitif terhadap setiap sensasi yang singgah di lidah, sehingga bisa lebih menikmati cita rasa makanan.
Singkirkan gadget
Buat kesepakatan dengan diri sendiri untuk menyingkirkan gadget di sepanjang waktu makan. Update status, chatting, membaca e-mail, dan kegiatan lain bisa dilakukan pada kesempatan lain, bukan? Jika memang ingin memotret makanan, lakukan sekali saja sebelum makan, lalu simpan smartphone Anda hingga waktu makan usai.


Foto : TPG News

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Cepat Langsing dengan Diet Tipe Ini

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia