Cinta Bumi Bisa Dimulai dari Meja Rias Anda


 

Pernahkah Mama duduk sejenak di depan meja rias dan memerhatikan apa saja yang ada di atasnya? Make up komplet untuk riasan alis hingga bibir, ADA. Rangkaian produk skincare pagi, siang, malam, ADA. Produk perawatan kulit dari body lotion sampai pelembut tumit, ADA JUGA! Banyak, ya.
 
Semua itu, habis sesuai pemakaian, Ma? Kalau masih ragu menjawabnya, saatnya Mama ikutan #PakaiSampaiHabis, aksi nyata mendukung sustainable beauty!
 

Apa, sih, sustainable beauty itu?

Sustainable beauty (kecantikan berkelanjutan) mengacu kepada sebuah istilah inklusif tentang produk kecantikan yang di dalamnya mencakup proses, aktivitas, dan para pelaku (para pembuat aturan, brand, dan konsumen) yang dibangun di atas kesetaraan, keadilan sosial, perlindungan hewan, dan integritas ekologi. Simpelnya, kita tetap bisa cantik tanpa merusak lingkungan.
 
Mengapa sustainable beauty menjadi sangat penting?

Sama seperti industri mode yang terus melaju cepat, ditemukan bahwa industri kecantikan juga makin berkembang pesat. Terutama saat pandemi karena semua orang #dirumahsaja dan mulai peduli dengan kecantikan dan kondisi kulitnya.

 



Dilansir dari Studi Kantar 2021, pertumbuhan segmen kecantikan & perawatan pribadi di masa New Normal (Q42020+Q12021) VS Covid Outbreak (Q2+Q3 2020) naik sebesar 3%. Kementerian Perindustrian RI juga menyatakan bahwa terdapat 797 industri kosmetik besar dan industri kecil, dan menengah (IKM) di Indonesia di tahun 2020. Angka ini naik dari 760 pada 2019. Di balik pertumbuhan yang pesat, banyak yang luput bahwa ada sisi lain yang ikut terdampak, yaitu potensi peningkatan sampah kemasan produk kecantikan dan kebiasaan konsumsi berlebihan konsumennya. 
 
Untuk mendukung sustainable beauty, Lyfe With Less menginisiasi kampanye #PakaiSampaiHabis. Tujuannya mengajak masyarakat Indonesia bertangggung jawab dengan konsumsi produk kecantikannya. Tahun 2021 #PakaiSampaiHabis berhasil mengumpulkan 10.954 empties (kemasan produk kosong) dari 1277 empties hero.
 
Tahun 2022 ini, Lyfe With Less kembali menyelenggarakan kampanye #PakaiSampaiHabis, menggandeng Zero Waste Indonesia sebagai edukator dan katalisator pelaku daur ulang di Indonesia. Bersinergi dengan 15 brand produk kecantikan, 47 pelaku daur ulang di seluruh Indonesia dan 2 partner logistik.

 


Kampanye #PakaiSampaiHabis mengajak masyarakat Indonesia mengumpulkan empties dan mengirimkannya untuk didaur ulang. “Sustainable beauty tidak bisa dicapai oleh satu pihak. Konsumen, brand, pelaku daur ulang, komunitas bahkan pemerintah harus bekerjasama untuk mencapai sustainable beauty baik secara produk maupun attitude. #PakaiSampaiHabis adalah langkah kecil dan nyata untuk semua pihak bisa mewujudkannya, terang Founder Lyfe With Less, Cynthia S Lestari dalam acara online Media Gathering Campaign #PakaiSampaiHabis 2022 awal Juni 2022 lalu.
 
Rangkaian kegiatan kampanye #PakaiSampaiHabis juga meliputi Empties Hero Talks, yaitu rangkaian talkshow seputar sustainable beauty. Empties Hero Talk diselenggarakan online selama kampanye #PakaiSampaiHabis berlangsung.
 
Apa yang bisa kita lakukan?

Kita cuma punya satu bumi yang harus kita sayang dan kita jaga. Wajib diingat juga, anak-anak kita adalah pewaris bumi. Ajak anak untuk cinta bumi dengan 5 Cara Menumbuhkan Kepedulian Anak Pada Lingkungan. Sudah kewajiban orang tua memastikan lingkungan sekitar tetap terjaga untuk masa depan anak, dan jangan lupa, Ajak Anak Daur Ulang, Yuk! Untuk Mama, bisa dimulai dari hal simpel dengan melihat lagi beauty journey Mama. Sampai di mana perjalanan konsumsi produk kecantikan Mama? Berhenti di bagian memanfaatkan dan menghabiskan, atau sudah sampai pada mengolah ke tangan yang tepat sebagai tanggung jawab kita sebagai konsumen?
 
Melalui kampanye #PakaiSampaiHabis kita bisa:

  1. Mengurangi pembelian impulsif dan lebih berkomitmen menggunakan produk yang dibeli hingga habis.
  2. Meminimalisir tumpukan barang di rumah.
  3. Bertanggung jawab terhadap limbah konsumsi. Dengan #PakaiSampaiHabis siklus konsumsi berlebihan akan melambat karena konsumen menggunakan produk sampai habis dan sebelum kedaluwarsa.
  4. Mendorong brand untuk berkelanjutan dengan membuat program loyalty dan daur ulang karena kita sudah mulai terbiasa

 
Kampanye #PakaiSampaiHabis berjalan sejak 1 Juni hingga 31 Agustus 2022. Informasi lengkapnya bisa diakses melalui https://lyfewithless.com/pakaisampaihabis/. Yuk Ma, turut andil dalam mencapai sustainable beauty dimulai dari aksi nyata #PakaiSampaiHabis! 
 

 
CONTENT PARTNERSHIP
FOTO: SHUTTERSTOCK, DOK. LYFE WITH LESS

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Cinta Bumi Bisa Dimulai dari Meja Rias Anda