Duduk di Lantai Ternyata Lebih Bermanfaat



 

Banyak kegiatan bermain yang kita lakukan sejak anak-anak dengan duduk di lantai, mulai dari congklak, bola bekel, atau bermain kartu. Bersama keluarga, kita juga ada kalanya makan bersama di lantai. Bahkan beberapa rumah makan pun menyediakan konsep lesehan untuk pengunjungnya. Tak ketinggalan, saat ada beberapa acara seperti potluck, arisan, rapat PKK, dan lain sebagainya, kita juga kerap duduk bersama-sama di lantai.
 

Bersyukurlah kita menjadi warga negara yang memiliki budaya duduk di lantai. Kenapa harus bersyukur? Setelah membaca artikel ini, Anda akan tahu alasannya. Kirsten Nunez, MS., jurnalis kesehatan dan gaya hidup di New York, AS, mengungkapkan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan duduk di lantai, antara lain:
 

  1. Mendorong Stabilitas Alami

Ketika Anda duduk di kursi, struktur kaki-kaki kursi akan membantu Anda menyeimbangkan tubuh. Tanpa dukungan kursi, duduk di lantai memaksa Anda menggunakan otot-otot inti tubuh untuk stabilisasi.
 

  1. Mengurangi Nyeri Pinggul

Duduk di kursi yang terlalu lama bisa menyebabkan pinggul Anda kencang dan kaku. Duduk di lantai dapat meregangkan fleksor pinggul Anda.
 

  1. Meningkatkan Fleksibilitas

Posisi duduk di lantai seperti saat latihan yoga dapat meningkatkan kelenturan atau fleksibilitas tubuh Anda. Hal ini karena posisi duduk di lantai memungkinkan Anda meregangkan otot tubuh bagian bawah secara aktif.
 

  1. Meningkatkan Mobilitas

Duduk di lantai walaupun tanpa disertai aktivitas apa pun melibatkan lebih banyak aktivitas otot dibanding bila Anda duduk di kursi. Duduk di lantai bahkan bisa disebut sebagai “istirahat aktif”.
 

Akan tetapi, Anda tetap perlu memerhatikan postur tubuh yang baik ketika duduk di lantai. Kirsten mengatakan, “Jika dilakukan dengan tidak benar, duduk di lantai dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Ini sangat mungkin terjadi jika sudah memiliki masalah sendi.” Penting untuk menghindari bungkuk. Jika tidak, Anda dapat mengembangkan atau memperburuk masalah postur tubuh dan sakit punggung.

 

Baca juga:

Ancaman di Balik Terlalu Lama Duduk

Bahaya Duduk Terlalu Lama

Lakukan Ini Untuk Redakan Nyeri Punggung

Faktor Risiko Nyeri Punggung

Cegah Nyeri Punggung dan Leher

 

(LELA LATIFA)

FOTO: FREEPIK

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Duduk di Lantai Ternyata Lebih Bermanfaat

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia