Hati-hati, Pengasuh Upload Foto Anak Anda di Media Sosial


Tidak ada yang bisa melarang asisten rumah tangga (ART) Anda memiliki akun media sosial. Apalagi, sekarang banyak ART berusia muda, trendi, dan memiliki ponsel canggih. Tetapi, pastikan soal gadget dan akun media sosial ini ada aturan mainnya. Tentu saja, mereka tidak boleh keasyikan main ponsel sampai melupakan pekerjaan mereka. Beri aturan bahwa mereka tidak boleh sibuk dengan ponsel mereka saat bekerja, terutama ketika harus fokus mengurus si kecil. Aturan penting lain yang harus ditekankan kepada mereka berkaitan dengan anak-anak dan keamanan di rumah. Beberapa hal berikut bisa diterapkan.
  • Sebaiknya ART tidak mengunggah foto-foto anak-anak Anda di akunnya, apalagi tanpa sepengetahuan Anda. Bagaimana jika dia mengunggah foto si kecil saat telanjang mau mandi? Anda sendiri bahkan tidak akan melakukan hal itu, bukan? Di luar sana ada banyak predator, kita tidak tahu siapa saja yang akan melihat foto-foto itu, dan sekali foto sudah terunggah, maka sulit dihilangkan. Karena itu, dengan alasan apa pun, apakah karena dia sayang dan ingin menunjukkan anak asuhannya kepada teman-temannya, jangan izinkan dia mengunggah foto si kecil.
  • Larang dia mengunggah foto rumah Anda dan seisinya. Kalaupun dia mau selfie, sarankan dia mencari spot yang tidak menggambarkan rumah Anda secara spesifik atau di area luar rumah.
  • Tidak mengunggah lokasi di mana dia berada saat itu (check in), apakah sedang di rumah, sekolah si kecil, mal, tempat bermain, dll. Orang akan mudah melacak dan menandai aktivitas si kecil.
  • Tidak membuat status dengan menyebutkan nama semua anggota keluarga Anda, alamat, atau apa pun berkaitan dengan identitas keluarga Anda.
  • Jadilah teman si mbak di dunia maya. Dengan begitu, Anda bisa melihat serta memantau aktivitas virtualnya. (foto: 123rf)

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Hati-hati, Pengasuh Upload Foto Anak Anda di Media Sosial