Hemat! Manfaatkan 7 Pelembap Kulit dari Bahan Dapur



 

Beberapa tahun belakangan ini, tren produk perawatan alami kian digemari. Sebenarnya, Anda bisa menggunakan apa yang ada di dapur Anda sendiri untuk dijadikan pelembap alami kulit Anda, lho. Apalagi, banyak yang mengeluh bahwa pandemi ini membuat bagian kulit terutama area tangan menjadi kering karena terlalu sering cuci tangan atau memakai hand sanitizer.
 

Bahan apa saja yang bisa Anda gunakan? Kami merangkumnya dari Mind Body Green untuk Anda:
 

  1. Madu

Berdasarkan penelitian, madu memiliki khasiat antimikroba yang memiliki khasiat anti-inflamasi. Anda bisa menggunakannya sebagai masker yang dioleskan tipis pada kulit yang telah dibersihkan. Diamkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.
 

  1. Minyak Kelapa

Bahan minyak kelapa juga sangat popuper di dunia perawatan kecantikan, mulai dari pelembap kulit, rambut, hinga lipbalm. Minyak kelapa kaya asam lemak yang membantu kulit meningkatkan produksi kolagen dan dapat membantu meningkatkan tingkat kelembapan kulit. Sifat minyak kelapa yang mudah diserap kulit membuatnya disukai oleh banyak orang.
 

Anda bisa mengoleskannya begitu saja di kulit kaki atau tangan yang dianggap kering. Atau, bisa mengaplikasikannya dengan bahan lain seperti garam laut untuk dijadikan scrub. Perlu diperhatikan bahwa minyak kelapa juga bersifat komedogenik, artinya menyumbat pori-pori pada beberapa jenis kulit. Oleh karenanya, berhati-hatilah bila ingin mengaplikasikannya di kulit wajah.
 

  1. Minyak Zaitun

Minyak ini juga sudah populer sejak zaman dulu sebagai bahan perawatan kecantikan. Minyak zaitun kaya vitamin E dan antioksidan sehingga banyak digunakan dalam produk anti-penuaan. Minyak zaitun dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada kulit dan rambut. Di samping itu, vitamin E juga dapat melindungi kulit dan rambut dari kerusakan akibat radikal bebas. Anda bisa mengoleskannya di bagian kulit yang kering atau bisa menggunakan beberapa tetes di kapas untuk membersihkan riasan wajah.
 

  1. Lidah Buaya

Selain nikmat dijadikan minuman dingin menyegarkan, lidah buaya adalah salah satu pilihan klasik untuk menenangkan dan mendinginkan kulit yang baru saja terpapar sinar matahari. Sifatnya yang mudah terserap, karena kandungan airnya yang tinggi, membuatnya disukai banyak orang. Di samping itu, lidah buaya juga kaya kandungan vitamin A, C, E, dan B12 yang membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Iris lidah buaya dan oleskan pada kulit yang kering atau terbakar matahari. Anda juga bisa menggunakannya sebagai masker rambut.
 

  1. Oat

Oat merupakan salah satu bahan favorit yang digunakan dalam produk perawatan untuk kulit sensitif. Oat memang memiliki sifat anti-inflamasi dan antihistamin sehingga dapat menenangkan kulit iritasi. Tumbuk oat sampai menjadi bubuk halus dan campur dengan air. Kemudian, balurkan pada kulit Anda.
 

  1. Avokad

Avokad memiliki manfaat antioksidan yang baik untuk kulit. Di samping itu, avokad juga dapat meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit. Cukup haluskan avokad dan balurkan pada kulit Anda. Bilas dengan air bersih setelahnya.
 

  1. Mentimun

Mentimun tidak hanya bisa diandalkan sebagai lalapan atau bahan acar semata, Ma. Anda bisa memanfaatkannya untuk menghidrasi kulit atau mengurangi pembengkakan. Gosok perlahan irisan mentimun di kulit atau tempelkan dua iris mentimun pada mata tertutup.

 

Baca juga:

Langkah Mudah Mendapatkan Kembali Kulit Muda Bercahaya

Kulit Kering Selama #dirumahsaja, Ini 5 Penyebabnya

Inovasi Canggih & Cara Praktis Cek DNA Kulit Anda

Cegah Stretchmarks Di Kulit Dengan 5 Bahan Alami Ini

5 Solusi Cerdas untuk Kulit Kering

Cegah Kulit Keriput Berkat Kolagen

 

LELA LATIFA

FOTO: UNSPLASH

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Hemat! Manfaatkan 7 Pelembap Kulit dari Bahan Dapur