Jadi Follower Pintar


Olahraga ekstrim yang tidak boleh dilakukan salah satunya adalah lari,bersepeda, menyelam, mendaki, gym, trampoline, berkuda, latihan angkat beban, dan bela diri. Mungkin beberapa olahraga yang disarankan, yaitu yoga, aerobik, berenang, jogging, pilates dan fitness khusus kelas kehamilan.

Melahirkan di rumah
Melahirkan di rumah kembali menjadi pilihan untuk ibu hamil jaman sekarang, namun memiliki risiko yang tinggi karena keterbatasan alat yang tidak memadai. Sampai sekarang belum ada yang memastikan bahwa melahirkan di rumah aman dilakukan, bahkan para dokter tidak menyarankan adanya persalinan di rumah.

Tetapi jika keadaan tidak memungkinkan untuk datang ke rumah sakit, atau tidak menjangkau rumah sakit dalam waktu dekat, maka melahirkan di rumah menjadi pilihan utama.

Dampak yang dirasakan oleh ibu hamil melakukan persalinan di rumah adalah bisa menimbulkan pendarahan yang banyak, serta dapat menimbulkan infeksi. Coba untuk pertimbangkan kembali jika Anda ingin melakukan persalinan di rumah.

Lotus Birth
Hampir semua orang tahu tentang metode yang satu ini, yang telah menjadi tren di kalangan selebriti tanah air. Apa sebenarnya lotus birth itu? Tali pusat yang tidak dipotong.

Ikatan Dokter Indonesia maupun Perkumpulan Dokter Kebidanan Indonesia tidak pernah merekomendasi yang namanya lotus birth, tidak ada kurikulum kedokteran yang mempelajari tentang itu. Mungkin banyak yang percaya jika tali pusat dipotong maka akan menimbulkan stres pada bayi. Oleh karena itu, metode persalinan tersebut membiarkan plasenta terlepas dengan sendirinya. Adapun yang meyakini bahwa menuda memotong plasenta dapat memberikan bayi banyak nutrisi sehingga menurunkan risiko anemia pada bayi.

Melakukan persalinan dengan lotus birth sangat tidak disarankan, mengingat beberapa risiko buruk yang dapat dialami, salah satunya plasenta dapat infeksi dan akan menyebar ke organ bayi melalui tali pusat.

Sebaiknya sebelum Anda mengikuti tren, pikirkan ulang efeknya, karena jika semuanya ternyata buruk, jelas bukan suatu perkara yang mudah untuk diperbaiki kondisi seperti semula. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan jika Anda ingin melakukan atau mengikuti tren masa kini. (DEN)

Foto: 123RF

Baca juga:
Diet Vegetarian Saat Hamil, Amankah?
Olahraga Ibu Hamil yang Hipertensi
Aturan yang Harus Dipatuhi Ibu Hamil Saat Bekerja di 4 Tempat Ini

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Jadi Follower Pintar

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia