Kaki Terkilir, Kompres Air Panas atau Dingin?





















Melakukan aktivitas fisik atau berolah raga bersama anak, tentu merupakan momen menyenangkan dan memiliki banyak manfaat. Tidak hanya membuat anak bahagia karena Anda memberikan waktu untuknya, namun juga tubuh menjadi sehat, sekaligus mengasah banyak keterampilannya, termasuk motorik. Karena itu, sering kali disarankan kepada orang tua untuk Kenalkan Olahraga Kepada Anak Sejak Dini.
 
Namun, bukan tidak mungkin ada hal-hal yang tidak diharapkan, seperti cedera,  terjadi. Misalnya, kaki Anda terkilir saat bermain basket bersama anak-anak. Aduh, sakit sekali rasanya, bengkak, dan bahkan bisa menyebabkan Anda tidak bisa berjalan dengan baik.
 
Baca juga: Bebas Cedera Saat Olahraga
 
Bagaimana, ya, supaya tidak bengkak? Kompres hangat atau kompres dingin? Nah, jika Anda mengalami cedera olahraga mendadak, ikuti prinsip RICE untuk pemulihannya, yakni: Rest, Ice, Compression, Elevation. Ini berarti Anda perlu melakukan kompres dingin yang akan membantu pembuluh darah menyempit untuk mencegah pengumpulan darah di lokasi cedera.
 
Dengan begitu, radang dan pembengkakan bisa dikurangi. Kompres dingin dalam waktu 48-72 jam setelah terjadinya cedera juga akan mengurangi kerusakan jaringan tubuh sekaligus mengurangi rasa sakit. Kompreslah selama 20 menit tiap satu jam.
 
Namun, jika kondisi bengkak berlarut-larut, apalagi disertai nyeri makin hebat, dan gejala-gejala lainnya, jangan ragu untuk segera datang ke IGD rumah sakit, ya.
 
Lantas, kapan kompres hangat digunakan? Kalau Anda merasa pegal-pegal atau sakit otot atau untuk mengendurkan otot yang tegang. Suhu panas akan melancarkan aliran darah ke area tersebut yang akan membawa nutrient yang dibutuhkan jaringan tubuh menyembuhkan diri. Panas juga bisa meningkatkan kelenturan otot serta tendon.
 
Baca juga:
Mitos dan Fakta tentang Olahraga
8 Alasan Yoga adalah Olahraga Terbaik untuk Mama
Frekuensi dan Durasi Olahraga yang Tepat
Memilih Olahraga Tepat Sesuai Siklus Menstruasi
5 Jenis Cedera Saat Anak Olahraga
4 Pertolongan Pertama Saat Anak Cedera

Foto: TPG News
Updated: Mei 2022

 


Topic

#duniamama #kesehatan #selfcare

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Kaki Terkilir, Kompres Air Panas atau Dingin?