Manfaat Senam Kegel untuk Kesehatan

Olahraga Kegel dikenal untuk perannya dalam kepuasan seksual. Kapan saja Anda melatih sebuah grup otot, apakah itu di zona sensitif seksual atau tidak, Anda meningkatkan kemampuan darah dan oksigen untuk mencapai area tersebut. Peningkatan aliran darah dan oksigen diterjemahkan ke dalam kepekaan yang meningkat, yang merupakan hal paling menakjubkan di area intim Anda.

Anda mungkin telah melakukan olahraga Kegel secara tidak sengaja tanpa menyadarinya. Kegel merupakan olahraga yang Anda dapat lakukan di mana saja dan kapan saja — olahraganya hanya memerlukan Anda untuk melenturkan dan menahan dasar panggul Anda. Coba bayangkan rasa otot panggul ketika Anda sangat ingin sekali buang air kecil tetapi Anda mencoba mati-matian untuk menahannya. Nah, kurang lebih Anda sudah melakukan olahraga Kegel.

Tapi tahukah, Ma, ternyata tak hanya dapat meningkatkan kepuasan seksual, senam Kegel juga bermanfaat untuk kesehatan. Dr. Marc Leavey dari Kedokteran Mercy, AS, mengungkapkan, ada manfaat lain dari senam Kegel bila Anda jadikan sebagai olahraga rutin:

1. Kurangi risiko
Inkontinensia kandung kemih. Menurut Leavey, semakin Anda melaraskan dasar panggul Anda, semakin kurang Anda ingin buang air kecil ketika Anda bersin, tertawa, atau pergi untuk jogging. Leavey menjelaskan, “Semakin Anda menyelaraskan otot, semakin kurang berurusan dengan keinginan untuk mengeluarkan urin tanpa disadari atau Inkontinensia kandung kemih semakin Anda menua nantinya”

2. Kembali fit setelah melahirkan.
“Ada beberapa bagian anatomi yang mengalami perubahan bentuk seperti panggul wanita setelah melahirkan,” ujar Leavey. “Seperti olahraga atau latihan bisa membantu pergelangan kaki yang terkilir kembali seperti semula, Kegel yang dilakukan dengan baik dapat membantu tubuh wanita kembali kepada keadaan sebelum hamil atau pra-kehamilan.”

3. Kurangi sakit punggung. Jika pernah melakukan Pilates, Anda mungkin pernah mendengar seorang instruktur memberitahu bahwa otot-otot inti Anda adalah bagian dari kelompok besar dan dapat membantu mencegah cedera. Pastinya, otot yang digunakan pada olahraga Kegel dihitung sebagai inti otot Anda. “Fokuskan di dasar panggul yang mengarah ke punggung yang sakit,” ucap Leavey, “Jadi, meluruskan otot-otot tersebut akan mengurangi sakit.”

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Manfaat Senam Kegel untuk Kesehatan