Mengatur Belanja Bahan Makanan

Makanan sehat tidak selalu menghabiskan anggaran belanja yang tinggi. Dengan siasat tertentu, Mama masih bisa menyajikan menu makanan yang lezat dan sehat untuk seluruh keluarga, tanpa merogoh kocek terlalu dalam. Semua itu tergantung cara Anda menyiasati keperluan belanja.

Membuat Daftar Belanja
Cobalah untuk tidak impulsif ketika berada di supermarket. Artinya, jangan membeli barang karena dorongan keinginan. Cobalah membuat daftar belanja sebelum pergi menuju pusat perbelanjaan. Dan, kunci pentingnya, patuhi daftar belanja itu.

Beli Saat Musim
Pilih sayur atau buah yang sedang musim, karena harganya bisa jauh lebih murah dibanding sayuran lain yang sedang tidak musim.

Baca juga: Lima Tip Belanja Hemat Saat Diskon

Jangan Terbuai dengan Merk
Merek tertentu mematok harga yang lebih tinggi bukan karena mereka lebih baik dari segi kualitas, tetapi karena kemasan dan iklan yang lebih tinggi biaya.

Pembelian Secara Massal
Bahan makanan yang masuk dalam daftar ‘must have item’ sebaiknya Anda beli dalam jumlah besar. Misalnya beras, minyak, gula. Biasanya beberapa toko mengeluarkan penawaran menarik berupa diskon untuk pelanggan yang melakukan pembelian dalam jumlah banyak.

Baca juga: 4 Kesalahan Berbelanja


Daftarkan Email untuk Mendapat Info Penawaran Spesial
Beberapa retail memiliki situs yang dapat Anda akses kapan saja melalui internet. Anda dapat mengunjungi situs itu untuk mengetahui produk dan potongan diskon yang sedang ditawarkan. Bahkan, jika retail tersebut rutin mengadakan diskon, Anda dapat mendaftar untuk mendapat e-mail pemberitahuan.


Baca juga: Hemat Belanja Makanan

Manfaatkan Kartu Pelanggan
Toko retail tertentu biasanya memberikan harga spesial untuk pemegang kartu pelanggan.

Makan Dulu Sebelum Belanja
Jika Anda memang benar-benar ingin menghemat, tidak ada salahnya sebelum menuju ke supermarket, Anda makan terlebih dahulu di rumah. Belanja dengan perut terisi akan mengurangi dorongan untuk membeli makanan di supermarket.

Foto: pixabay

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Mengatur Belanja Bahan Makanan

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia