Menikmati Waktu Sendiri, Ini 7 Manfaatnya!


Memang tak semua orang merasa nyaman sendirian. Namun, menikmati dan memanfaatkan kesendirian ternyata baik untuk diri kita.

1. MENGISI KEMBALI ENERGI DIRI
Saat berada di sekitar orang banyak, kita mengeluarkan banyak energi. Perilaku dalam interaksi dengan manusia lain itu tanpa disadari melelahkan mental dan emosi. Sedikit waktu sendirian dan beristirahat akan mengumpulkan kembali energi yang terkuras.

2. LEBIH SERING REFLEKSI DIRI
Kehidupan yang hiruk-pikuk membuat Anda sulit melihat ke dalam dan fokus ke diri sendiri. Duduk sendirian memberikan waktu untuk tidak terlalu banyak berpikir tentang orang lain, sehingga Anda bisa tenang melakukan refleksi diri dan memahami diri dengan lebih baik.

3. MENYENTUH EMOSI DALAM DIRI
Anda akan lebih bisa memahami apa yang membuat berbagai emosi muncul di diri Anda. Apa yang membuat Anda bahagia, sedih, kecewa, takut, dan marah. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengelola emosi di kemudian hari.

4. MELAKUKAN DAN MENENTUKAN HAL-HAL YANG ANDA SUKAI
Bersama orang lain, Anda dituntut berkompromi dan tak jarang mengalah. Saat sendiri, Anda bebas memilih apa pun yang ingin Anda lakukan dan benar-benar menikmatinya tanpa gangguan.

5. LEBIH PRODUKTIF
Berada bersama sekelompok teman sangat menyenangkan, bukan? Tetapi ini bisa mengancam produktivitas kerja. Ngobrol, bergosip, bercanda, tak terasa menyedot waktu kerja dan membuat Anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline. Sendirian membuat Anda lebih fokus bekerja tanpa distraksi.

6. LEBIH MANDIRI DAN PERCAYA DIRI
Anda akan melihat ada kekuatan dalam diri sendiri, meyakini kemampuan diri dalam membuat keputusan-keputusan tanpa intervensi orang lain, dan bahkan terbebas dari kecemasan dan ketergantungan kepada orang lain.

7. TAK PERLU PENGAKUAN ORANG LAIN
Karena yakin dengan diri sendiri, Anda tak lagi perlu saran dan pengakuan dari orang lain. Anda tidak lagi menjadi mudah ragu. Sesekali Anda memerlukan saran, tetapi itu tidak menjadi satu-satunya tumpuan untuk membuat keputusan.

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Menikmati Waktu Sendiri, Ini 7 Manfaatnya!

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia