Olahraga Sehat saat Berpuasa

Sebenarnya olahraga pada saat berpuasa merupakan hal yang baik, namun ada beberapa rutinitas berolahraga yang perlu diubah saat bulan Ramadhan.

• Mengurangi intensitas berolahraga
Anda dapat  kira-kira mengetahui kemampuan berolahraga Anda dengan cara mencatat beberapa hal ketika berolahraga seperti pusing, napas pendek, sakit di dada, sulit bernapas saat berdiri atau mendadak saat tidur, kaki sakit saat berjalan, jantung berdegup kencang dan pergelangan kaki membengkak maka sebaiknya Anda pergi ke dokter sebelum memulai olahraga saat berpuasa. Sebaiknya kurang intensitas berolahraga Anda dari yang bernilai 100 persen menjadi 65 hingga 60 persen.

• Minum banyak air
Air sangat berpengaruh dalam meregulasikan suhu badan, mengirimkan nutrisi dan oksigen, dan berpengaruh dalam memproduksi energi. Disarankan Mama sebelum tidur minimal minum air sebanyak 300 hingga 400 ml dan minum air lagi sebanyak 300-400 ml saat sahur.

• Makan sesuai porsi
Pada saat berpuasa sebaiknya makan-makanan yang akan menjadi karbohidrat kompleks seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang, biji-bijian, roti dan nasi. Disarankan porsi karbohidrat yang terdiri atas kentang, nasi, roti, pasta, jagung atau sereal adalah 6 hingga 11 porsi. Protein yang terdiri atas daging, ayam, kacang dan telur sebaiknya dimakan sebanyak 2 hingga 3 porsi. Susu maupun keju sebanyak 2 hingga 3 porsi dan sayur-sayuran sebanyak 3 hingga 5 porsi.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Olahraga Sehat saat Berpuasa