Penghambat Kreativitas Anak di Rumah

Mengasah kreativitas anak memang bukan hal yang mudah dilakukan. Ada saja yang menjadi pengganjal atau penghalang. Berikut adalah beberapa contoh kondisi lingkungan rumah yang bisa menjadi ganjalan besar bagi mama saat mengasah kreativitas anak.

Sedikitnya waktu bermain. Padahal dalam bermain anak bisa dengan bebas mengekspresikan ide dan memanipulasi mainan dengan cara-cara yang tidak biasa, termasuk bongkar pasang mainan!

Tidak ada waktu sendiri. Anak juga perlu waktu untuk dihabiskan sendiri saja, tidak selalu dihabiskan dengan anggota keluarga atau teman-teman. Dalam kesendirian, anak lebih bebas mengolah pemikirannya tanpa dituntut sama seperti yang lain.

Sikap orangtua yang overprotektif. Orangtua semacam ini biasanya memberi berjuta-juta batasan pada anak yang membuat gerak anak terbatas. Sampai ekspresi idenya pun sering ditekan oleh orangtua seperti ini.

Tidak ada kesempatan untuk menambah wawasan. Agar bisa berkembang, kreativitas butuh asupan pengetahuan untuk merangsang munculnya ide-ide baru dalam pikiran anak. Anak akan sulit menambah wawasan jika di rumah tidak tersedia bacaan, atau pergaulannya dibatasi ketat.

Tidak ada dukungan moral ketika menyampaikan ide. Yang ada justru sikap meremehkan atau kritik dari orangtua. Semestinya sejelek apa pun buah kreativitas anak, berikan pujian dan dukungan agar ia terdorong untuk menghasilkan yang lebih baik.

PAR 0107

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Penghambat Kreativitas Anak di Rumah

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia