Penuhi Nutrisi & PendidikanAnak Lewat #AyoTunjukTangan




Di usianya yang ke-76 tahun ini, Indonesia masih punya banyak PR dalam hal pemenuhan nutrisi serta pendidikan untuk anak-anak. Data dari UNICEF menunjukkan bahwa 9 dari 10 anak Indonesia memiliki tantangan dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi serta pendidikan.
 
Padahal kecukupan nutrisi serta pemenuhan akses terhadap pendidikan adalah kunci dari terwujudnya generasi yang maju yang tentunya berkorelasi dengan kemajuan negara. Seto Mulyadi atau yang kerap disapa Kak Seto, pemerhati anak sekaligus Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI)
Mengatakan, “Anak merupakan aset kemajuan bangsa yang dapat membawa Indonesia lebih maju ke depannya.”
 
Ia menyebut bahwa pemenuhan nutrisi yang seimbang dan dukungan akses pendidikan yang berkualitas sejak dini, sangat diperlukan sebagai fondasi dan langkah awal seorang anak untuk melakukan berbagai hal produktif dalam hidupnya
 
Menimbang tema besar HUT RI ke-76, yakni Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, SGM Eksplor berinisiatif meluncurkan gerakan #AyoTunjukTangan dengan tujuan  mendukung pemenuhan nutrisi serta akses pendidikan untuk anak Indonesia. Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo menjelaskan bahwa gerakan ini sejalan dengan semangat SGM  Eskplor dalam membantu mewujudkan #GenerasiMaju.
 
Astrid menjelaskan bahwa Gerakan #AyoTunjukTangan mengajak masyarakat berpartisipasi untuk gotong royong berdonasi paket nutrisi untuk anak usia di atas 1 tahun, paket  beasiswa pendidikan online, dan juga perbaikan fasilitas belajar bagi anak-anak Indonesia yang membutuhkan.
 
Selama ini, SGM Eksplor sendiri telah berupaya untuk membantu pemenuhan nutrisi generasi Indonesia melalui inovasi produk susu pertumbuhan dengan kandungan Zat Besi dan Vitamin C, IronC, DHA, Omega 3&6, serta nutrisi penting lainnya. Di samping itu, dalam hal pendidikan, SGM Eksplor juga telah melakukan berbagai inisiatif melalui program Rumah Belajar Generasi Maju, Kelas Generasi Maju dan Edukasi Gizi Seimbang Isi Piringku untuk anak usia 4-6 tahun.
 
Dukungan dari Ibu untuk Ibu
Aktris Alyssa Soebandono yang juga Ibu dari dua anak menceritakan bahwa setiap ibu tentu mengharapkan tumbuh kembang yang baik untuk buah hatinya. Oleh karena itu, dengan Gerakan #AyoTunjukTangan, Alyssa menilai bahwa hal ini bisa menjadi wujud dukungan ibu untuk ibu lainnya dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan pendidikan anak-anak mereka terpenuhi sebagai modal tahapan tumbuh kembang yang sesuai dengan usianya.
 
Generasi Muda Turut Bergerak
Tak hanya dukungan dari ibu atau yang sudah menjadi orang tua saja, aktor dan aktivis sosial Reza Rahadian juga mengajak generasi muda untuk turut serta dalam gerakan ini. Sebab, Reza memandang bahwa permasalahan anak Indonesia tidak hanya di tangan orang tuanya saja, melainkan juga ada di tangan generasi muda.
 
“Kita bisa mulai aksi dukungan kita melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan dimana setiap partisipasi kita akan disalurkan langsung untuk pemenuhan akses nutrisi dan edukasi anak-anak Indonesia demi kemajuan masa depan mereka,” ujarnya.
 
Aksi Kolaborasi di Masa Pandemi
Gerakan #AyoTunjukTangan untuk bantu wujudkan #GenerasiMaju ini membawa semangat kolaborasi bukan hanya dari segi pengumpulan donasi saja.
 
SGM Eksplor juga berkolaborasi dengan Telkomsel selaku perusahaan telekomunikasi digital, platform pembelajaran online, CAKAP yang menggunakan sistem interaksi dua arah yang mempertemukan murid dengan pengajar profesional melalui video call dan percakapan teks serta memiliki sistem penjadwalan fleksibel, dan juga beberapa perusahaan retail dan e-commerce. Hal ini bisa menjadi jawaban dalam mengatasi masalah pendidikan di masa pandemi di mana anak-anak harus belajar daring atau jarak jauh.
 
Bila Anda tergerak untuk berpartisipasi dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan ini, Anda bisa mengunjungi website http://www.generasimaju.co.id/ayotunjuktangan  dan langsung pilih jenis donasi yang ingin didukung.  
 
Baca juga:
Nutrisi untuk Membantu Konsentrasi Belajar Anak
4 Nutrisi Wajib di Menu Makan Anak
3 Peran Penting Orang Tua dalam Tumbuh Kembang Anak
Yang Perlu Dicermati dari Tumbuh Kembang Anak
 
 
LTF
FOTO: SHUTTERSTOCK

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Penuhi Nutrisi & PendidikanAnak Lewat #AyoTunjukTangan