Perencanaan Keuangan Untuk Masa Depan

Menurut Women’s Philanthropy Institute, perempuan cenderung hidup lebih lama dibanding laki-laki, sehingga bertanggung jawab mengenai kesejahteraan generasi penerusnya, termasuk besarnya harta yang dapat diwariskan kepada anak-cucu. Membuat perencanaan keuangan yang baik ibarat memiliki GPS untuk kehidupan di masa yang akan datang. Itu membantu Anda menyadari dari mana Anda memulai dan mau ke mana Anda pergi. Begini cara mengendalikan GPS keuangan Anda:

1. Gambarkan kondisi keuangan Anda saat ini. Apakah Mama mengetahui ke mana semua uang Anda pergi? Kecuali Anda yang memerintahkan uang Anda ke mana harus pergi, uang akan selalu mendikte tujuan keuangan Anda. Buat rencana dari setiap rupiah yang Anda hasilkan, dan selalu hidup di bawah standar keuangan. Jangan belanjakan uang sebelum Anda memilikinya.

2. Sedia payung sebelum hujan Semakin Anda siap secara finansial, semakin sedikit keadaan darurat yang Anda hadapi. Buat dana darurat untuk 6 – 12 bulan ke depan. Awalnya akan terasa sulit, namun saat Mama memilikinya, Anda akan tidur nyenyak setiap malam tanpa rasa khawatir.

3. Mengelola utang Buat rencana untuk melunasi utang-utang Anda, dan lakukan segala usaha agar hal tersebut dapat terwujud. Mama dapat menjual barang-barang yang tak terpakai namun masih layak digunakan. Atau melakukan usaha sampingan yang pemasukannya bisa dipakai untuk melunasi hutang. Buat daftar kartu kredit yang dimiliki serta besarnya tagihan dari masing masing kartu. Urutkan dari yang paling kecil jumlahnya hingga yang terbesar. Bayar jumlah minimum dari masing-masing kartu kecuali yang ada di paling atas daftar. Lunasi segera kartu yang berada di bagian atas. Jika sudah lunas, lanjutkan dengan melunasi kartu di urutan berikutnya.

4. Jangan sepelekan asuransi Mungkin Mama merasa bahwa pengeluaran untuk membayar premi asuransi setiap bulan hanyalah membuang-buang uang saja. Apalagi jika Anda termasuk orang yang beruntung karena hampir tak pernah sakit atau mengalami musibah berat. Namun, memang lebih baik mencegah sebelum hal-hal buruk terjadi, bukan? Mama tentu menginginkan Anda dan seluruh keluarga terlindungi dengan asuransi jiwa yang tepat

5. Rencana Hari Tua Kebanyakan orang hanya bisa membayangkan mau seperti apa mereka menghabiskan hari pensiun. Namun, belum ada yang benar-benar siap dan berusaha mewujudkannya. Jangan khawatir, Ma, karena Anda tak sendirian. Banyak orang pun masih mengalami kebingungan. Berapa besar dana yang harus dipersiapkan? Ke mana uang-uang tersebut harus diinvestasikan? Bagaimana jika inflasi meningkat sehingga dana pensiun saya tak cukup ketika harinya tiba? Bagaimana bila saya mendadak butuh uang yang sangat besar dan ingin menggunakan dana pensiun saya tersebut?

Cara paling mudah adalah dengan bertemu financial planner untuk membantu membuat perencanaan hari tua, termasuk berapa besar dana yang harus dipersiapkan dan ditabungkan setiap bulannya.

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia