Perlukah Dua Asisten Rumah Tangga?

Beberapa pekerjaan rumah tangga menunggu seseorang untuk menanganinya. Tanpa menambah Mbak baru, bisakah? Seberapa besar gajinya harus naik?

Mungkin ada beberapa alasan mengapa Anda tidak ingin menambah Mbak baru untuk menangani beberapa pekerjaan rumah tangga yang masih terbengkalai. Namun, sebelum memutuskan menambah tanggung jawab Mbak, pastikan beberapa hal berikut ini.

1. Mbak bisa menangani pekerjaan-pekerjaan baru dengan baik, tanpa mengurangi kualitas pekerjaan-pekerjaan yang selama ini menjadi tanggung jawabnya.

2. Jika dia tidak cukup terampil melakukan pekerjaan barunya, bersiaplah untuk mengajarinya dari mula atau mengikutkannya kursus jika diperlukan.

3. Tanyakan, apakah dia bersedia menangani pekerjaan-pekerjaan tambahan. Berikan gambaran apa saja tambahan beban itu, beri dia waktu untuk berpikir.

4. Sampaikan kompensasi yang akan diterimanya, namun ketahui juga apa yang diinginkannya.

5. Kalau di rumah ada asisten lainnya, Anda harus menjelaskan juga kepada mereka tentang tambahan tanggung jawab Mbak yang Anda pilih itu, dan bagaimana mereka tetap bisa bekerja sama dengan baik.

Lalu, layaknya, berapa persen kenaikan gajinya? Tidak ada patokannya, Ma. Tapi, ada beberapa pertimbangan yang bisa dijadikan patokan, misalnya tergantung pada jumlah pekerjaan, tingkat kesulitannya, berapa banyak waktu yang harus dihabiskannya, dan bagaimana dia bisa menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan itu.

Ada baiknya Anda memberikan ‘masa percobaan’ dan kenaikan gaji yang bertahap, yang didahului dengan evaluasi. Ini akan membuatnya termotivasi untuk memperbaiki kinerjanya dan mendapat kompensasi maksimal yang sudah Anda janjikan jika dia berhasil mengerjakan semua tanggung jawab dengan baik.    

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Perlukah Dua Asisten Rumah Tangga?