Pijat Oksitosin Lancarkan ASI



 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan Papa untuk mendukung Mama yang sedang menyusui, misalnya saja menyediakan makanan bernutrisi, membelikan camilan atau minuman favorit Mama, menemani bangun di malam hari, atau membantu menyendawakan si kecil setelah menyusu. Nah, ada lagi peran yang bisa diambil Papa untuk mendukung keberhasilan menyusui, yakni memberikan pijatan oksitosin.

Pijat oksitosin adalah pijatan yang diberikan di area punggung, tepatnya di daerah sepanjang tulang belakang. Pijatan ini sangat direkomendasikan bagi ibu menyusui untuk memperlancar produksi ASI.

Pijatan ini bisa dibantu oleh siapa saja. Namun alangkah baiknya apabila Papa yang membantu. Karena, sentuhan Papa yang penuh kasih sayang juga akan semakin meningkatkan oksitosin atau yang dikenal sebagai hormon cinta.


Manfaat Pijat Oksitosin
 

  • Meningkatkan produksi ASI: pijatan ini merangsang hormon oksitosin dan prolaktin yang memiliki peran penting dalam produksi ASI. Oksitosin akan merangsang payudara berkontraksi sehingga mengeluarkan ASI.

  • Mengoptimalkan let-down reflex: pijat oksitosin membantu mengoptimalkan let-down reflex sehingga bayi lebih mudah saat menghisap dan lebih mudah menyusu.

  • Meredakan stres: ibu yang baru beradaptasi menyusui rentan terserang stres. Pijatan ini membantu menekan hormon kortisol yang berkaitan dengan stres.

  • Memperlancar aliran darah dan mengurangi nyeri: tubuh Mama pasca-melahirkan pasti masih akan merasakan nyeri, ditambah dengan aktivitas baru merawat si kecil. Pijatan ini membantu memperlancar aliran darah serta mengurangi rasa nyeri di area punggung.


Cara Memijat
 

  • Minta Mama menemukan posisi yang tepat. Anda bisa meminta Mama untuk telungkup di meja, gym ball, atau sandaran kursi. Agar nyaman, Anda bisa menambahkan bantal. Bila nyaman, Mama bisa menanggalkan pakaian terlebih dahulu agar pijatan lebih terasa.

  • Temukan processus spinosus, yakni tulang yang paling menonjol di area tulang belakang leher. Mudahnya, sentuhlah bagian bawah tengkuk.

  • Turunkan sedikit kurang lebih 1-2 jari dari titik tersebut dan geser ke kanan dan kiri masing-masing 1-2 jari.

  • Lakukan pijatan dengan gerakan memutar searah jarum jam perlahan.

  • Lakukan pijatan dengan gerakan yang sama ke bawah sampai batas garis bra.

  • Pijatan boleh juga diberikan sampai sebatas pinggang.


Kapan Bisa Dilakukan?
 
Pijatan ini bisa dilakukan kapan pun. Akan baik juga apabila Mama sedang sangat lelah atau stres. Anda juga bisa menggunakan minyak aromaterapi saat pijat untuk menghasilkan sensasi rileks.
 

Baca juga:
Manfaat Pijat Perinum Saat Hamil
Pijat Refleksi Saat Hamil. Amankah?
5 Terapi Pijat Pereda Stres
5 Terapi Pijat Pereda Stres
Tahapan Pijat Sederhana untuk Bayi
 

(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY
 
 

 
 
 
 
 
 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Pijat Oksitosin Lancarkan ASI