Pola Makan Papa Picu Kanker Payudara pada Anak Perempuan


Berencana hamil lagi dan berharap mendapatkan anak perempuan? Sebaiknya ajak Papa mulai menjaga pola makan sehat. Mengapa? Sebuah penelitian yang dilakukan Thomas Ong dan timnya dari University of Sao Paulo – Brazil, menemukan bahwa pilihan menu makanan papa dapat meningkatkan risiko anak perempuannya menderita kanker payudara. Penelitian ini telah diterbitkan di jurnal Breast Cancer Research. Sebelumnya, sebuah penelitian lain - yang juga telah dipublikasikan di jurnal Medical News Today - melaporkan bahwa obesitas dapat memengaruhi gen dalam sperma, sehingga meningkatkan risiko kanker payudara pada anak perempuan di masa depan.

Berangkat dari hipotesis penelitian tersebut, Ong dan rekan-rekannya secara spesifik membandingkan antara anak betina dari tikus jantan yang mengonsumsi pakan tinggi lemak hewani dan tikus jantan yang memakan menu tinggi serat serta berlemak nabati baik.

Hasilnya, anak betina dari pejantan yang berpola makan tinggi lemak jenuh dari lard (lemak babi) menderita tumor di payudaranya. Sementara, anak betina dari pejantan yang mengonsumsi diet tinggi serat serta kaya lemak Omega-6 dari corn oil, tidak mengalami tumor. Atas hasil ini, peneliti menyarankan agar para calon papa memerhatikan pola makannya saat masa prakonsepsi.”Ke depan, bila telah terbuktikan secara klinis, maka strategi pencegahan kanker payudara juga berfokus pada pola makan para papa,” tegas Thomas Ong. (foto: 123rf)

Baca juga : 8 Langkah untuk Jantung Sehat

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Pola Makan Papa Picu Kanker Payudara pada Anak Perempuan