Rahasia Sukses Bekerja dari Rumah

 Dengan kecanggihan teknologi terkini, banyak mama yang memutuskan bekerja dari rumah agar mendapatkan lebih banyak waktu bersama anak. Berikut rahasia sukses mama yang bekerja dari rumah.

1. Gunakan Teknologi dengan Bijaksana

Pendukung utama para Mama bekerja dari rumah ada teknologi. Jika saat ini Anda hanya menggunakan 1 atau 2 jenis media sosial untuk membuka jejaring dan memasarkan produk, coba pelajari media sosial lain yang berpotensi meningkatkan penjualan.

Anda juga dapat memperbesar peluang maupun jenis usaha dengan mempelajari teknologi lain yang tersedia. Meskipun begitu, usahakan laptop dan telepon genggam tidak mengganggu keseharian keluarga Anda. Keuntungan bekerja dari rumah adalah Anda dapat mengatur waktu. Meskipun hal itu berarti jam kerja ajaib, seperti malam hari saat anak-anak sudah tidur. 

2. Cari Rekan Kerja Tepat

Membuka usaha bersama mama lain berarti beban kerja dapat dibagi dan adanya rasa pengertian yang tinggi. Bagilah tugas dengan adil sesuai peran masing-masing. Ketika Anda membutuhkan waktu ekstra untuk anak-anak, rekan kerja dapat tetap menjalankan usaha dan sejenak mengambil peran Anda. Begitupun sebaliknya.  

3. Biasakan Multi-tasking

Dengan bekerja dari rumah Mama bisa mendukung perkembangan anak lebih intensif. Ketika semua bahan makanan sudah dimasukkan ke dalam slow cooker, Anda bisa menelepon klien sambil menunggu masakan matang. Jika anak masih usia bayi, Anda bisa meletakkan meja kerja di kamarnya. Menyusui sambil mengecek email dapat dilakukan bersamaan. Dengan fitur pengeras suara, Anda dapat berdiskusi dengan rekan kerja sambil mengganti popok. 

4. Jangan Berbohong pada Pelanggan

Klien, pelanggan, vendor, rekan kerja ataupun pihak lain yang terlibat dalam usaha Anda sebaiknya mengetahui dari awal bahwa Anda adalah mama ‘rumahan’ alias ibu rumah tangga. Namun usahakan untuk selalu bersikap professional seperti tepat waktu, teliti dan cermat.

Ketika situasi darurat terjadi di rumah terhadap anak Anda, jangan ragu untuk memutuskan telepon atau mejadwal ulang pertemuan dengan alasan yang sesungguhnya. Jujur membuat Anda terlihat lebih professional karena itu adalah karakter yang dibutuhkan dalam berbisnis. 

5. Kenali Batasan Anda

Banyak Mama yang mencoba untuk melakukan semua selayaknya SuperWoman. Sayangnya semua ada batasannya, energi, waktu bahkan kesempatan. Gunakan jejaring teman dan keluarga semaksimal mungkin. Terima tawaran bantuan jika Mama membutuhkannya. Kenali batasannya Anda dan jangan coba-coba melanggarnya. (Penulis: Fina Khairaty/foto:dok.feminagroup)


 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Rahasia Sukses Bekerja dari Rumah