Senam Wajah, Yuk!


 
Apa yang sudah pernah Anda lakukan untuk menjaga wajah agar terlihat tetap awet muda? Banyak sekali produk perawatan yang mengklaim diri sebagai anti-penuaan di rak-rak toko Banyak juga metode perawatan di klinik kecantikan bahkan operasi yang bertujuan untuk melawan penuaan.

Senam wajah bisa membantu menjaga kulit Anda awet muda tanpa biaya yang mahal dan proses yang menyakitkan. Hal ini didasarkan pada temuan para dermatologis dari Northwestern University Feinberg School of Medicine di Chicago. Mereka melakukan penelitian pada sejumlah perempuan usia 40-65 tahun untuk melakukan senam wajah selama 20 minggu. Hasilnya, para perempuan ini terlihat tiga tahun lebih muda dari usia yang sesungguhnya di akhir penelitian.

Fakta tentang Keriput pada Wajah
Walaupun banyak yang menunjukkan bahwa kulit keriput adalah salah satu tanda penuaan karena faktor usia, ada beberapa hal lain yang menyebabkan kulit keriput

  • US Environmental Potection Agency menyatakan bahwa 90% penyebab penuaan pada kulit adalah akibat terlalu banyak terpapar sinar UV matahari.
  • University of Southampton, UK menunjukkan bahwa keriput pada kulit disebabkan karena terlalu banyak berada di ruangan yang panas dan kering atau berpendingin ruangan. Hal-hal tersebut membuat kulit kita menjadi kering dan kehilangan kelembapannya dalam menjaga elastisitas kulit.
  • Rachel Lang, seorang ahli kecantikan dalam Mind Body Green menunjukkan bahwa keriput berasal dari otot-otot wajah yang sering menegang akibat stres.
Langkah Mudah Senam Wajah
Ahli senam wajah dan juga seorang penulis buku Facercise, Carole Maggio dari California mengatakan bahwa senam wajah dapat menghaluskan kerutan, menyegarkan mata, serta mengencangkan kulit di leher dan garis rahang, juga menghilangkan kerutan di garis senyum Anda.

Carole menyebut bahwa senam wajah berarti melatih otot-otot pada wajah dengan memberikan tekanan lewat jari-jari agar lebih kencang. Hal ini sama dengan olahraga pada tubuh seperti angkat beban yang melatih pada otot-otot tubuh untuk mengencang. Ia merekomendasikan senam wajah selama delapan menit yang dilakukan dua kali sehari.
Berikut ini langkah mudah senam wajah untuk meremajakan kulit :
  • Area Mata
Manfaat : mengurangi lingkaran hitam di bawah mata dan mengencangkan kulit di sekitar area mata.
Cara :
  1. Lakukan dalam keadaan mata tertututp. Letakkan jari telunjuk di antara alis dan ibu jari di sudut mata. Lakukan pijatan dengan gerakan menarik ke atas dan keluar dalam 40 detik.
  2. Letakkan jari telunjuk di sudut mata bagian luar - di mana Anda masih bisa merasakan bulu mata bawah. Buatlah gerakan menjulingkan mata dengan kelopak mata bawah. Anda harus bisa merasakan denyut otot mata bagian luar. Setelah itu, lihat ke arah atas tanpa mendongakkan kepala dan tahan. Lakukan gerakan masing-masing dalam 40 detik.
  • Area Pelipis dan Dahi
Manfaat: Sering kali, kulit di sekitar pelipis terlihat berkerut, gerakan senam ini bisa megencangkan kulit di sekitar pelipis sampai ke dahi.
Cara: letakkan empat jari menyebar di dahi, sementara ibu jari berada di bagian pelipis atau ujung paling luar alis. Lakukan pijatan dengan gerakan ke atas dan bawah selama 30 detik. Ulangi gerakan dengan empat jari mengepal sementara ibu jari di pelipis.
  • Area Pipi
Manfaat: mengencangkan otot wajah di sekitar pipi
Cara: Letakkan jari telunjuk secara horizontal ke bagian tulang pipi dan tekan lembut. Untuk menemukan di mana tulang pipi dengan mudah, cobalah tersenyum. Jika Anda menemukan bagian yang paling menonjol ketika Anda tersenyum, di situlah tulang pipi. Gerakkan otot dengan menarik bibir ke atas membuat sebuah senyuman. Lakukan selama 20 detik
  • Area Hidung
Manfaat : memperahankan kekencangan kulit di area hidung.
Cara: Pegang hidung dengan ibu jari dan telunju, lalu tekan lembut dengan gerakan mendorong ke atas. Bantu mendorong hidung dengan jari telunjuk lainnya. Dalam keadaan mulut terbuka, tarik bagian bibir atas ke mulut bagian dalam seperti hendak mengatupkan mulut.. Tahan sebentar kemudian lepaskan bibir. Lakukan dalam 40 detik.
  • Area Bibir
Manfaat: mengencangkan kulit di sekitar bibir dan membuatnya tampak lebih penuh.
Cara:
  1. Letakkan jari telunjuk di sudur bibir lalu Tarik ke atas dank e bawah dalam hitungan 40 detik.
  2. Rapatkan kedua bibir dan hembuskan napas dengan cara meniup seperti mengucapkan, “Brrrr.”
  3. Tekan bagian atas bibir mengarah ke gusi sehingga terlihat mengatup.lalu tekan bagian tengah bibir atas yang mengatup tersebut dengan jari telunjuk lainnya
  4. Letakan jari telunjuk di sudut bibir dan gerakkan mulut Anda seperti membentuk huruf O.
  5. Getarkan bibir untuk memberikan relaksasi. Lakukan semua gerakan dalam 60 detik.
  • Area Dagu dan Rahang
Manfaat: memperkuat garis rahang yang kendur serta menguatkan dahu.
Cara:
  1. Buka mulut dan gulung ke bagian gigi. Biarkan bibir seolah menekan gigi. Perlahan buka dan tutup mulut selama lima kali. Ulangi lagi dengan tambahan menarik dagu ke atas dengan jari-jari.
  2. Buatlah gerakan menjulurkan lidah hingga hampir menyentuh hidung
  • Area Leher
Manfaat : mengencangkan kulit di sekitar leher yang mulai mengendur.
Cara : Pijat ringan leher ke arah rahang dengan kedua tangan. Lakukan selama 30 detik.
Selamat mencoba!
 
LTF
FOTO: FREEPIK

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Senam Wajah, Yuk!