Siap-Siap Lawan Demam Berdarah

Di puncak musim penghujan, sekitar bulan Januari dan Februari, kasus demam berdarah biasanya kembali merebak. Yuk, siap-siap agar demam berdarah tak mengintai anak! Cara terbaik menghindari demam berdarah (DB) adalah menjaga anak agar tak digigit nyamuk. Bisa dengan mengoleskan krim anti serangga di tubuhnya, memakaikannya pakaian panjang, atau menyemprotkan obat anti serangga di sekeliling rumah. Yang paling penting adalah menghindari berkembang biaknya nyamuk penyebab DB di dalam dan sekeliling rumah.

Di musim hujan, biasanya banyak terdapat genangan air yang menjadi tempat favorit nyamuk menyimpan dan menetaskan telurnya
. Uniknya, yang disukainya justru genangan air bersih. Jadi, mulailah membersihkan tempat yang berpotensi menampung air hujan, seperti selokan di sekitar rumah, ember untuk mencuci mobil di garasi, atau pot kosong bekas tanaman.

Lalu, bersihkan dan kuras secara teratur bak mandi, vas bunga, genangan di dispenser air, serta tempat minum hewan peliharaan, yang juga berpotensi menjadi tempat nyamuk bertelur. Jika di sekitar rumah Anda ada barangbarang bekas yang tak terpakai, ada baiknya Anda mulai membuang atau mengubur barang-barang tersebut agar tak menjadi tempat penampungan air hujan. Jangan merasa sayang membuang barang tak terpakai, Ma! Kebersihan dan kesehatan keluarga Anda jauh lebih penting. Selain cara-cara di atas, tak ada salahnya jika Anda juga melakukan beberapa cara ‘kuno’ yang cukup efektif dalam mencegah gigitan nyamuk, yaitu memasang kelambu dan kasa nyamuk di kamar tidur.

Foto : Fotosearch

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Siap-Siap Lawan Demam Berdarah