Sport-Date Mama & Papa


 

Menghabiskan waktu sejenak untuk kencan berdua bersama Papa bisa menjadi keistimewaan untuk Mama. Obrolan dari hati ke hati, saling menggandeng tangan dan menatap atau pelukan bisa membuat Mama merasa bahagia dan bersemangat kembali untuk menghadapi hari-harinya.

Pergi ke bioskop, makan malam berdua atau sekedar jalan-jalan sebentar mungkin sudah sering Mama dan Papa lakoni. Tapi, di masa pandemi seperti saat ini jadi sulit dilakukan, ya, karena kita harus membatasi pergi-pergi ke luar rumah dan area publik.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa nge-date sejenak di dalam maupun luar rumah. Salah satunya adalah kencan dengan berolahraga bersama, atau sport date. Belum bisa ke gym? Tidak apa-apa. Anda bisa mencari taman luas yang tidak banyak kerumunan, jogging, atau bersepeda bersama, dengan target tentunya. Bonus sport-date ini, badan sehat dan bugar, lho....

Manfaat Olahraga bersama Pasangan

Theresa E. DiDonato, Ph.D., seorang associate professor of psychology di Loyola University Maryland dalam laman Psychology Today menyatakan bahwa pasangan yang berkeringat bersama, akan tetap bersama di dalam hubungan. Berikut ini Theresa menjabarkan beberapa keuntungan dari berolahraga bersama pasangan.

  • Meningkatkan kebahagiaan dalam hubungan

Theresa menunjukkan bahwa penelitian yang melibatkan pasangan untuk melakukan aktivitas fisik bersama menunjukkan perasaan puas dengan hubungan mereka dan lebih mencintai pasangan mereka. Maka dari itu, aktivitas fisik seperti berlari, bersepeda bersama atau kencan di gym (untuk ke gym tunggu setelah pandemi berlalu, ya...) akan menambah kebahagiaan dan romantisisme anda bersama pasangan di dalam hubungan, imbuhnya.

  • Meningkatkan Energi

Dalam konsep psikologi, kehadiran orang lain akan memengaruhi kemampuan anda dalam melakukan sesuatu. Oleh karena itu, menurut Theresa kehadiran pasangan juga akan membantu meningkatkan energi kita dalam berolahraga. Tanpa kita sadari, kekuatan dan kecepatan kita dalam melakukan suatu aktivitas olahraga bisa bertambah dengan kehadiran suami tercinta.

  • Membuat Saling Jatuh Cinta

Gerakan-gerakan latihan selama berolahraga akan merangsang produksi keringat, denyut nadi yang lebih cepat serta napas yang lebih pendek. Gejala-gejala ini dalam banyak hal mencerminkan sensasi ketertarikan. Sehingga, Anda bisa memanfaatkan momen ini sebagai daya tarik bagi pasangan.

  • Membantu Mencapai Target

Theresa juga menyebut bahwa orang yang peduli kebugarannya dan pasangan akan lebih mudah mencapai targetnya dalam berlatih olahraga. Pasangan akan memberikan masukan dan komentar terkait kesehatan masing-masing. Hal ini memicu pasangan untuk mencapai target dalam berlatih.

Anda akan termotivasi menyelesaikan target berjalan, berlari atau bersepeda dan lainnya. Namun, jangan hanya mengandalkan pasangan. Anda juga harus punya komitmen dalam diri untuk menyelesaikan target.

  • Meningkatkan Ikatan Emosional

Saat berolahraga bersama, Anda dan pasangan akan bekerjasama. Anda juga akan menyeleraskan kepatan berlari atau mengayuh sepeda. Anda juga akan membuat langkah kaki anda dan pasangan seirama ketika berjalan.

Perilaku-perilaku tersebut akan membantu orang merasa selaras secara emosional satu sama lain. Theresa mengatakan bahwa mereka yang terlibat dalam keselarasan selama berolahraga merasa terikat dengan pasangan mereka secara emosional

Wah, ternyata menguntungkan sekali ya kencan sambil berolahraga. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh juga dapat memelihara kualitas hubungan. Lalu olahraga apa saja yang bisa Mama lakukan bersama Papa?

  • Lari Bersama

Lari adalah olahraga yang mudah untuk dilakukan. Anda bisa melakukannya bersama pasangan pagi hari saat si kecil sedang tidur. Lari baik untuk kesehatan jantung bagi anda dan pasangan.

Selain itu, anda dan pasangan juga bisa merasakan udara segar di pagi hari dan menikmati pemandangan di jalanan yang masih sepi.

  • Bersepeda Bersama

Anda bisa memulainya dengan keliling komplek bersama pasangan lalu meningkatkannya ke jarak yang lebih jauh lagi. Bersepeda akan menggerakkan otot-otot anda. Anda juga bisa saling menantang pasangan untuk memacu kecepatan.

Jika punya sepeda rangkai yang punya dua pasang pedal, tak ada salahnya untuk dicoba.

  • Tenis

Olahraga berpasangan ini juga bisa dicoba. Anda dapat melakukannya seminggu sekali. Bermain tenis menggerakkan otot Anda mulai dari atas sampai bawah. Anda dan pasangan bisa melompat dan memukul bola.

  • Berenang

Olahraga di air ini juga salah satu yang menyenangkan. Selain itu, berenang juga bisa menjadi sarana relaksasi.

Anda bisa berolahraga menyusuri kolam renang bersama pasangan. Agar lebih menarik, buatlah catatan waktu saat berenang dari tepi kolam renang ke tepi lainnya. Siapkan hadiah untuk juaranya.

  • Boxing

Olahraga yang satu ini sangat bisa Anda coba bersama pasangan. Anda bisa membayar satu pelatih untuk berdua. Hal ini tentu menjadikannya lebih hemat. Anda dan pasangan bisa menjadi rekan sparing yang menyenangkan.

  • Dansa

Dansa juga bisa menjadi pilihan olahraga. Dengan berdansa, seluruh tubuh Anda akan bergerak. Anda dan pasangan akan belajar menyelaraskan langkah kaki dengan ketukan nada lagu dansa. Hal ini akan meningkatkan ikatan emosional Anda dengan pasangan.

LELA LATIFA
FOTO: SHUTTERSTOCK

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Sport-Date Mama & Papa