Stop Merasa Bersalah!

Merasa bersalah saat bersantai sembari menonton serial Revenge? Bagaimana ketika asyik makan cokelat atau saat pergi makan siang bersama teman-teman lama? Merasa bersalah lagi? Ini saatnya untuk berhenti, Ma.

Tak ada yang salah ketika Mama sesekali ingin memanjakan diri. Cari tahu apa saja yang baik dilakukan tanpa perlu merasa bersalah.

Makan Cokelat
Hore! Ternyata cokelat baik untuk kesehatan lho, Ma. “Cokelat punya lebih banyak antioksidan dibanding makanan bernutrisi lainnya, seperti strawberry, blueberry, dan bawang putih,” ujar Jackie Newgent, pakar diet dari New York City.

Namun, bukan berarti Anda bisa mengganti buah dengan cokelat. Buah tetap memiliki nutrisi yang lebih banyak serta rendah lemak dan kalori. Hanya saja, Anda mulai dapat berhenti dari perasaan bersalah ketika makan cokelat.

Punya Hobi
Meskipun waktu bermain dengan anak menjadi sedikit berkurang, lakukan apa yang Anda cintai. Anda tak harus meninggalkan hobi hanya karena menjadi seorang mama.

Hobi Anda mungkin tetap bisa dikerjakan di rumah, misalnya merajut atau membuat scrapbook. Yang penting bukan apa yang dilakukan, tetapi ketika melakukan hobi tersebut Anda menjadi diri sendiri. Anda akan menjadi seorang mama yang bahagia bagi anak-anak.

Nonton TV
Menurut sebuah penelitian, melihat tayangan yang lucu dapat melepaskan stres serta membuat orang lebih bahagia. Jadi, tak ada salahnya jika Mama ingin menonton Modern Family dan berhentilah merasa bahwa nonton TV itu membuang waktu.

Berhenti dari Kelas Yoga
Dengar ini: Tidak apa-apa untuk melupakan latihan yang Mama tidak suka. Hanya karena yoga sedang populer, maka Mama memaksakan diri untuk mengikutinya. Jika satu-satunya alasan Mama melakukan yoga – atau lari atau bersepeda atau zumba – hanya karena harus melakukannya, lupakan dan lakukan apa yang benar-benar disukai saja.

Menjadi Single-Tasker
Jika kita tidak melakukan banyak hal dalam satu waktu – dan tidak mengerjakannya dengan baik – kita merasa gagal menjadi seorang ibu, istri, karyawan, bahkan juga teman. Tapi penelitian menunjukkan multitasking sebenarnya tidak produktif karena setiap kali Mama berpindah dari satu hal ke hal lain, Anda kehilangan waktu.

Fokuslah mengerjakan satu hal hingga selesai. Anda akan masih punya sisa waktu untuk melakukan aktivitas yang Anda suka bersama dengan orang-orang yang Anda cintai.