Terima THR di Masa Pandemi, Kelola Baik-baik

Ini adalah tahun kedua kita merayakan Lebaran dalam suasana pandemi. Seperti yang kita ketahui, pandemi memiliki dampak ekonomi pada tidak sedikit keluarga. Sehingga, kehadiran THR bisa jadi sangat ditunggu-tunggu karena dianggap bisa menyelamatkan beberapa kondisi serta menjadi hiburan untuk bisa dibelanjakan. 

Akan tetapi, kita sendiri tidak mengetahui sampai kapan pandemi ini akan berlangsung dan bagaimana kondisi ke depan. Untuk itu, begitu mendapat THR sebaiknya hindari langsung menghabiskan semuanya dalam waktu singkat hanya untuk kebutuhan Lebaran. 

Pandemi ini mendorong kita untuk memanfaatkan uang THR dengan lebih bijak. Apa yang bisa dilakukan?

 

Tidak Mudik, Dikemanakan Anggarannya?
Dengan larangan untuk mudik tahun ini, jangan bebas untuk membelanjakan anggaran perjalanan mudik dan berkumpul bersama keluarga tersebut untuk membeli barang lainnya.

Ada baiknya, gunakan anggaran mudik tersebut untuk menambah dana darurat keluarga. Anda juga bisa mengalokasikannya untuk membayar sekolah anak tahun depan, atau membayar utang serta cicilan yang Anda miliki.
 

Setia pada Rencana Anggaran
Salah satu alasan keluarga gagal mengelola keuangan dengan baik adalah karena tidak punya rencana anggaran. Buatlah perencanaan anggaran THR, misalnya untuk belanja baju baru, kue, parsel untuk kerabat, gaji serta THR ART, dan lain sebagainya. Jadikan rencana anggaran ini sebagai pengontrol keluarnya uang THR Anda.

 

Tidak Harus Beli Baju Baru
Satu pasang baju serba putih untuk semua keluarga yang bisa dipakai untuk salat Idulfitri, satu set baju kembar untuk seluruh anggota keluarga untuk acara silaturahmi, dan satu baju bebas untuk masing-masing orang. Ditambah dengan pembelian alas kaki, tas, dan aksesori lainnya. Coba dihitung, berapa uang yang dikeluarkan untuk ini? Sedangkan, sering kali baju-baju tersebut sifatnya hanya monumental alias hanya dipakai saat itu saja.

Di masa pademi ini, kita disarankan salat Idulfitri di rumah dan tetap di rumah saja. Jadi, coba pertimbangkan lagi apakah butuh membeli baju baru. Bila ingin membeli baju, ada baiknya yang bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari lainnya.
 

Belanja yang Menguntungkan
Belanjakan uang THR Anda ke sesuatu yang lebih menguntungkan seperti emas atau saham. Anda juga bisa memasukkannya ke tabungan deposito sehingga keuntungannya bisa digunakan di kemudian hari. 

 

Baca juga:

3 Cara Menguntungkan Mengeluarkan Uang THR

3 Langkah Bijak Agar THR Si Kecil Jadi Bermakna

4 Langkah Cerdas Simpan Uang THR di Masa Pandemi

 

LTF

FOTO: FREEPIK

 


Topic

#ramadanparentingina #ramadanprana #ramadanbulanmulia #ramadan #puasaramadan #lebaran #idulfitri

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Terima THR di Masa Pandemi, Kelola Baik-baik