Tetap Semangat Berkarya di Tengah Pandemi


 

Pandemi Covid-19 berdampak besar bagi semua orang. Baik pada sektor kesehatan maupun bisnis. Anda sekeluarga yang biasanya mudah keluar rumah, sekarang harus stay at home dan melakukan semua kegiatan dari rumah untuk membantu Pemerintah memutus jumlah penyebaran virus Corona. Pola belanja pun kena dampaknya. Untuk keamanan kesehatan, banyak orang memilih belanja via online. Walaupun di rumah saja, tentu Anda sekeluarga juga tetap butuh belanja untuk pemenuhan kebutuhan keluarga. Dan Anda sendiri pun butuh sesuatu!

Tak bisa ke mal atau pusat belanja, banyak orang berpaling ke belanja online. Menyikapi ini, para pelaku bisnis pun giat melebarkan sayapnya. Mereka tetap semangat berkarya di tengah pandemi ini. Cara ini juga yang diterapkan Polla Polly, brand sepatu dan sandal rancangan anak Indonesia untuk wanita muda yang tampil dinamis, energik, dan playful.




Polla Polly dikenal sebagai brand sepatu dan sandal yang bukan hanya indah secara desain, tapi juga nyaman dipakai. “Bagi saya kenyamanan sepatu jadi nomor satu. Bahkan menjadi faktor utama yang membedakan kami dari produk-produk serupa,” ujar Erna Chan, perancang dan pemilik brand unik ini.

Dengan harga terjangkau, para pencinta sepatu dan tas bisa mengoleksi produk-produk andalan Polla Polly, mulai dari sneakers, sandal, sepatu kerja, high-heels, flat-shoes, hingga tas yang berciri desain unik dan girly. Dengan kisaran harga Rp89.000 hingga Rp229.000, para wanita muda bisa mendapat sepatu cantik yang nyaman dikenakan. Kini Polla Polly menjadi salah satu brand yang paling diburu oleh kalangan milenial.

Diluncurkan pertama kali pada 2015, awalnya Polla Polly memanfaatkan akun Instagram @polla.polly
sebagai medium penjualan. Seiring meningkatnya minat pembeli, di tahun-tahun berikutnya brand ini membuka gerai di sejumlah Department Store ternama, terutama di CENTRO dan METRO, tersebar dari Medan, Jakarta, Yogyakarta, Solo, Bali hingga Makassar, dan Manado.


Selama pandemi, Polla Polly menggencarkan penjualan di kanal-kanal digital. Sebelumnya, sejak 2016 produk yang tampil girly ini telah aktif bekerja sama dengan platform E-Commerce, seperti Lazada dan Zalora. Penjualan digitalnya terus berkembang, hingga kini Polla Polly sudah bisa dibeli di Tokopedia dan paling laris melalui Shopee, selain bisa juga dibeli langsung melalui www.pollapolly.com.

“Dalam sebulan, bisa terjual 3000 hingga 5000 pasang sepatu, atau lebih dari 50.000 pasang sepatu dalam setahun. Itu baru dari penjualan online saja. Meski penjualan di Department Store cenderung menurun di masa pandemi ini, namun secara online angka penjualan kami cenderung tidak terpengaruh sama sekali. Karena pelanggan bisa membeli produk kami dari rumah saja,” ujar Erna Chan, yang menjabat sebagai COO di Polla Polly.

Melihat kemapanan angka penjualan online, sejak Juni 2020 Polla Polly memberanikan diri memperluas cakupan penjualannya ke tingkat regional. Berdasarkan angka penjualan yang besar dari Shopee, Polla Polly mulai membuka jaringan penjualan ke Singapura, negeri asal Shopee. Untuk memperluas cakupan pasar regional, Polla Polly juga menjejakkan layanan di Malaysia. Kini wanita Singapura dan Malaysia bisa membeli produk kualitas ekspor dari Indonesia ini.


Memasuki Agustus 2020, Polla Polly telah menyiapkan koleksi terbaru, berkolaborasi dengan Lanang Putro, ilustrator berbakat dari Yogyakarta yang karya-karyanya banyak tersebar di media sosial, khususnya Instagram. Lanang Putro dikenal sebagai ilustrator buku untuk anak-anak dengan desain yang tampil segar, jenaka, dan penuh warna.

“Berawal dari iseng-iseng ketika mengeksplorasi Instagram, saya menemukan ilustrasi Lanang Putro. Saya rasa karya Mas Lanang sesuai dengan brand Polla Polly: ceria, bahagia, dan penuh warna,” ujar Erna. Ia menambahkan, “Karya pelaku seni di Indonesia sangat menarik dan sangat layak mendapatkan wadah untuk disalurkan ke masyarakat luas.” Mengusung tema Best Friend, desain Lanang Putro untuk Polla Polly akan menampilkan ilustrasi figur-figur yang bersahabat dengan hewan dan alam sekitar dalam warna-warna segar.

Melalui kolaborasi yang memanfaatkan medium digital ini Polla Polly ingin memperkenalkan karya putra-putri daerah ke pentas nasional dan juga regional. Kolaborasi ini juga dijalankan dalam semangat untuk memajukan Ekonomi Kreatif di Indonesia.
 

Baca juga:
Jenis Sepatu Aman Bagi Ibu Hamil
Fakta Tentang Sepatu Hak Tinggi
Panduan Pilih Sepatu Olahraga Lari
Saat Hamil Boleh Pakai Sepatu Bertumit, Asal…
 

(YENNY GLENNY)
FOTO: DOK. POLLA POLLY




 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Tetap Semangat Berkarya di Tengah Pandemi

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia