Variasi Makanan Olahan Tempe

Tempe atau olahan dari hasil fermentasi biji kedelai ini kaya akan kalsium, vitamin B, dan zat besi. Nah, tempe yang merupakan makanan asal Indonesia ini bisa diolah dengan cara berikut:

1. Kebab tempe. Potong kotak 100 gram tempe, ½ buah tomat, ½ buah paprika, dan ¼ buah bawang bombay. Tusukkan pada tusuk sate, lalu baluri dengan saus barbeque. Panggang hingga matang.

2. Bola-bola tempe. Haluskan 100 gram tempe, lalu bumbui dengan garam, lada, dan 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan. Bentuk tempe menjadi bola-bola. Panggang dalam oven selama 20 menit. Sajikan dengan kecap manis atau pedas.

3. Tempe masak tofu. Tumis ¼ buah bawang bombay yang sudah dicincang kasar hingga harum. Masukkan 100 gram tempe dan 50 gram tofu yang sudah dipotong kotak. Beri 1 sendok makan saus tiram, garam, dan lada. Tambahkan ½ buah tomat segar. Masak hingga matang.

4. Burger tempe. Haluskan 150 gram tempe, serta bumbui dengan 2 siung bawang putih, garam, dan lada. Tambahkan 2 sendok makan tepung terigu, lalu uleni hingga tercampur rata. Bentuk menjadi bulat lebar, celupkan dalam 1 buah telur yang sudah dikocok, celup dalam tepung roti, serta goreng hingga matang. Sajikan dengan roti burger dengan ditambahkan dengan sayuran, saus tomat, dan mayonnaise.

5. Sate tempe. Potong kotak 50 gram tempe, panggang sembari dioleskan campuran mentega dan kecap hingga matang. Sajikan dengan kecap manis dan beberapa sayuran, seperti tomat dan daun selada.

6. Tempe saus bolognaise. Buat saus bolognaise dengan cara mencampurkan 5 sendok makan brown sauce dengan 50 gram wortel yang dipotong kotak kecil dengan dibumbui lada hitam, garam, dan bawang bombay. Tambahkan 150 gram tempe yang sudah dipotong kotak. Masak hingga matang.

7. Tempe Malaikari. Potong 250 gram tempe kotak, masak dengan 500 ml air, dan bumbui dengan garam dan lada. Biarkan hingga mendidih, tambahkan santan hingga mengental. Tambah dengan 2 siung bawang putih yang sudah dicincang halus, minyak zaitun, dan jahe. Bila suka, Mama bisa menambahkan 1 buah kentang potong kotak. Sajikan dengan nasi panas.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Variasi Makanan Olahan Tempe

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia