Warna Bibir Jadi Kusam Seiring Bertambahnya Usia?



 

Setiap perempuan memiliki pigmen dan bentuk bibir yang unik. Warna bibir yang cerah alami menjadi impian tidak sedikit perempuan. Sebab, warna bibir ini bisa menjadi andalan saat Anda ingin tampil dengan natural makeup look di mana Anda tinggal mengaplikasikan lipbalm atau lipgloss tidak berwarna. Sehingga yang tampak, benar-benar warna bibir Anda dalam versi yang lebih bervolume dan lembap.
 

Tapi, tahukah Anda bahwa bibir kehilangan warna cerahnya secara alami seiring bertambahnya usia Anda? Ya, bibir sebagai kulit halus tertipis selain area mata dapat menjadi area awal yang menunjukkan tanda-tanda penuaan.
 

Marisa Garshick, M.D., FAAD., dokter kulit di New York, AS, menjelaskan bahwa tingkat kolagen kulit Anda berukurang seiring dengan bertambahnya usia. Ia menyebut bahwa Anda kehilangan 1% tingkat kolagen setiap tahunnya. Hal ini menyebabkan integritas struktural kulit Anda menurun sehingga volume dan kelembapan kulit menurun—termasuk kulit bibir. Sehingga, kulit bibir pun tampak kering.
 

Inilah yang membuat penampilan dan warna bibir berubah secara keseluruhan. “Karena kulit kering di bibir, dapat membuatnya tampak kusam,” ujarnya. Ia menegaskan, bahwa hal tersebut bukan karena pigmen yang berubah.
 

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan agar bibir tidak semakin kusam?
 

  1. Lindungi Bibir dari Sinar UV

Pertahankan tingkat kolagen agar tetap normal. Caranya adalah lindungi bibir Anda dari kerusakan akibat sinar UV matahari. Seperti yang kita ketahui, sinar UV matahari dapat memengaruhi kolagen.
 

"Melindungi bibir Anda dari sinar matahari sama pentingnya dengan melindungi wajah Anda," ujar Shawna Jones, PA-C, asisten di klinik estetika di California, AS. Carilah produk pelembap bibir yang mengandung tabir surya serta bahan aktif seperti asam hialuronat, untuk melembapkan dan menghaluskan bibir.
 

  1. Jaga Bibir Terhidrasi

Marisa menyebut bahwa bibir yang terhidrasi akan terlihat lebih cerah. Oleh karenanya, pastikan bibir Anda selalu terhidrasi dengan menggunakan pelembap atau masker bibir.
 

  1. Konsumsi Makan Sehat

Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat yang beragam. Utamakan konsumsi bahan makanan dan minuman yang kaya kolagen seperti ayam, ikan, telur, atau kacang-kacangan.

 

Baca juga:

4 Lipstik Dua Warna yang Sedang Jadi Favorit

Anak Ingin Pakai Lipstik, Amankah?

 

LELA LATIFA

FOTO: FREEPIK

 

 

 

 

 

 

 

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Warna Bibir Jadi Kusam Seiring Bertambahnya Usia?

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia