Jumpa Pakar Breastfeeding 911: Papa Bantu Wujudkan ASI Ekslusif



Acara Jumpa Pakar "Breastfeeding 911, Sukses Memberi ASI dalam Segala Kondisi" kembali hadir di kota Jakarta pada Sabtu, 4 Agustus 2019. Kali ini, Ballroom 1, The Westin Jakarta mejadi tempat diadakannya acara yang terselenggara berkat kerja sama Ayahbunda dan Pigeon. Sejak 7 tahun lalu, Ayahbunda dan Pigeon sepakat untuk membuat sebuah wadah edukasi sekaligus ruang berbagi bagi para orang tua dalam menunaikan tanggung jawab pertamanya sebagai orang tua, yaitu memberi ASI, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.


 
Dr. I.G.A.N Partiwi, SpA, MARS yang akrab disapa dr. Tiwi dan dr. Luh Karunia Wahyuni, Sp.KFR kembali menyapa para papa dan mama serta mengupas tuntas kandungan ASI, perbedaan ASI dengan susu formula maupun susu sapi, hingga posisi paling tepat untuk menyusui si kecil. "Di hari pertama kelahirannya, lambung bayi masih sebesar biji kelereng sehingga produksi ASI ibu yang belum banyak sudah cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Tidak perlu cemas, cukup rangsang produksi ASI dengan menyusui lebih sering maka produksinya akan semakin meningkat." tegas dr. Tiwi.



Setelah dr. Tiwi selesai menyampaikan materi seputar kandungan dan manfaat ASI, dr. Luh melengkapinya dengan menjelaskan  posisi yang tepat agar ASI bisa diterima dengan baik. Ditemani oleh boneka bayi, dr.Luh menjelaskan sembari mempergakan posisi bayi saat menyusu, “Sangga kepala bayi dengan posisi leher dan punggung berada dalam satu garis. Tangan berada di depan dada, kaki menekuk ke arah perut dan posisi badan bayi menghadap payudara ibu, sehingga bayi tidak menoleh. Posisi ini sangat penting agar bayi bisa melakukan hisap, telan, dan bernapas sehingga benar-benar kenyang," jelasnya.
 


Tak kalah penting dari manfaat ASI dan posisi saat menyusu, papa sebagai support sistem utama mama pun memegang peranan yang sangat penting untuk mendukung pasangannya dalam melakukan IMD (inisiasi menyusu dini) hingga pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan. Oleh karena itu, Ayahbunda dan Pigeon sangat mengapresiasi antusiasme para papa yang begitu luar biasa di Breastfeeding 911 Jakarta ini. Upaya mereka mendampingi para mama untuk sukses memberi ASI pada si kecil, patut diacungi jempol! (Wita Nurfitri)







Baca juga: 
Peran Papa Membesarkan Anak
Luangkan 5 Menit Setiap Hari Untuk Membuat Istri Anda Bahagia
10 Kelebihan Anak jika Papa terlibat Mengasuhnya

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

Jumpa Pakar Breastfeeding 911: Papa Bantu Wujudkan ASI Ekslusif

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia