Bolehkah Bergerak Usai Operasi Caesar?

Selama 24 jam pasca operasi Caesar, Anda memang tak boleh duduk, berdiri apalagi berjalan. Tapi, bukan berarti hanya berbaring. Begitu kesadaran pulih, Anda sudah disarankan mulai bergerak.

Pada awalnya pasti terasa tidak nyaman dan sakit. Tapi harus dipaksakan. Bila berbaring terus menerus, ini efeknya:

- Menimbulkan perlengketan bagian dalam luka operasi, sehingga  pemulihan Anda akan terhambat

- Pengeluaran sisa darah kotor (lochea) akibat runtuhnya dinding rahim pasca melahirkan menjadi tidak lancar, sehingga bisa menimbulkan lochiastasis yang membawa risiko infeksi.

- Dikhawatirkan Anda akan terkena DVT (Deep Vein Trhombosis), yaitu pembentukan bekuan darah (trombus) pada vena, terutama di bagian tungkai. Trombosis vena dalam sangat berbahaya karena seluruh atau sebagian dari trombus bisa pecah, mengikuti aliran darah dan tersangkut di dalam arteri yang sempit di paru-paru sehingga menyumbat aliran darah (emboli). Emboli paru merupakan salah satu konsekuensi utama DVT yang bisa membawa kematian.

Biasanya perawat akan membantu Anda bergerak. Pergerakan tentunya bertahap, karena dikhawatirkan Anda akan jatuh akibat rasa pusing setelah anastesi dan lama berbaring. Juga mempertimbangkan rasa nyeri yang Anda rasakan. Dokter biasanya akan meresepkan obat pereda rasa sakit untuk membantu Anda.

Pada 24 jam pertama biasanya hanya di atas tempat tidur. Mulai dengan menggerak-gerakkan kedua kaki, memutar pergelangan kaki, menggerakkan sendi bahu dan lengan tangan saat tiduran. Kemudian badan Anda digerakan perlahan ke samping kiri dan ke kanan dengan bantuan perawat. Setelah itu Anda melakukan latihan untuk duduk. Baru setelah infus dan kateter dicabut, Anda dilatih berdiri dan berjalan di seputar tempat tidur Anda.

Setelah itu Anda belajar berjalan ke kamar mandi. Anda perlu buang air kecil secara teratur. Kandung kemih yang penuh justru membuat rahim dan luka Anda tertekan. Dan, bukankan Anda juga perlu mandi agar merasa lebih segar untuk diri Anda sendiri dan si buah hati yang baru lahir? Walaupun Anda sudah mampu berdiri dan berjalan, sebaiknya pintu kamar mandi ini jangan dikunci untuk berjaga-jaga seandainya Anda perlu pertolongan.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Bolehkah Bergerak Usai Operasi Caesar?