Hitung Biaya Menjelang Persalinan

Saat yang dinanti-nanti telah tiba. Senyum bayi sudah bisa Anda nikmati hanya dalam hitungan hari. Saat ini Anda dan suami tentunya sudah menentukan lokasi penyambutan kehadiran bayi di dunia.

1. Paket persalinan normal

Mama yang melahirkan anak secara normal atau istilahnya melalui persalinan spontan, bisa dikatakan beruntung karena hanya perlu menghabiskan waktu selama 2-3 hari di klinik atau rumah sakit. Bukan hanya lebih menyenangkan karena bisa segera merawat si kecil di rumah, biaya persalinan juga dapat ditekan dengan durasi menginap yang terbilang singkat.

Perkiraan biaya: Bervariasi tergantung pilihan rumah sakit, kelas kamar, kondisi bayi (sungsang atau normal), dan jasa pendamping yang dipilih—apakah dengan dokter kandungan atau dengan bidan. Perkiraan dana yang dibutuhkan adalah antara Rp 5 juta s/d Rp 30 juta.

2. Paket persalinan dengan operasi caesar
Jika bayi lahir melalui tindakan operasi, maka mama akan diminta untuk menghabiskan waktu lebih lama di rumah sakit agar proses pemulihan tubuh pasca operasi bisa dipantau secara lebih seksama. Durasi menginap di rumah sakit pasca operasi adalah sekitar 4-5 hari.

Perkiraan biaya: Bervariasi tergantung pilihan rumah sakit dan kelas kamar. Dana yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 14 juta s/d Rp 49 juta.

3. Biaya persalinan waterbirth

Di luar negeri, metode persalinan waterbirth memang sudah cukup lama dikenal dan menjadi bagian dari layanan resmi di banyak rumah sakit. Tapi di Indonesia, metode waterbirth masih belum memiliki standar operasional yang baku sehingga Anda perlu bersikap selektif dan berhati-hati ketika memilih institusi serta pendamping persalinan.

Pilihlah klinik atau rumah sakit serta bidan atau dokter yang terpercaya dan sudah memiliki jam terbang tinggi dalam menangani proses persalinan waterbirth.

Perkiraan biaya: Rp 7 juta s/d Rp 15 juta

Dalam proses persalinan, terkadang diperlukan tindakan ekstra untuk memperlancar keluarnya bayi dari dalam rahim. Beberapa jenis tindakan yang biasa diterapkan dalam ruang persalinan antara lain adalah:
-    Induksi: cairan yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui infus, berguna untuk merangsang percepatan kontraksi pada rahim.
Perkiraan biaya: Rp 1 juta s/d 3 juta
-    ILA (Intrathecal Labour Analgesia): obat penghilang rasa sakit (bius lokal) yang diberikan dengan cara penyuntikan pada daerah punggung. ILA biasanya diberikan ketika sudah mencapai bukaan 5 ke atas.
Perkiraan biaya: Rp 1 juta s/d 3 juta

* Perkiraan biaya persalinan biasanya akan mengalami peningkatan sebesar 5-15% per tahun. Jadi, jika hari perkiraan lahir anak jatuh di tahun depan, Anda perlu melakukan penyesuaian terhadap perkiraan biaya yang tercantum di atas.

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia