Jangan Sepelekan, 7 Hal Ini Bikin Pria Tidak Subur



Tidak hanya Mama yang harus diperhatikan kesuburannya, tetapi juga Papa. Cek lewat pertanyaan-pertanyaan untuk Papa berikut ini:


- Apakah Anda merokok? Angka ketidaksuburan pria perokok 3 kali lipat lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak. Rokok juga menurunkan jumlah sperma dan merusak sperma yang sudah terbentuk.

- Seperti apa riwayat kesehatan Anda? Misal, riwayat gondongan bisa menyebabkan kemandulan.

- Berapa usia Anda? Studi terbaru menunjukkan, kesuburan pria menurun seiring pertambahan usia. Fase ini biasanya dimulai saat usia 35 tahun, di mana kualitas maupun kuantitas sperma mengalami penurunan.

- Apa ada masalah dengan kelamin Anda? Penyebab utama ketidaksuburan pria adalah varikokel (varises pada kantung testis). Kondisi ini terjadi pada  1 dari 10 pria, dan ini berpengaruh terhadap penurunan produksi sperma. Coba kunjungi spesialis urologi untuk pengobatan.

Baca juga:
5 Cara Ini Tingkatkan Kesuburan Pria
Stres Pengaruhi Kesuburan


- Bagaimana pola makan Anda? Menurut penelitian, pria yang cukup asam folat, vitamin C, dan seng bisa menghasilkan sperma lebih banyak. Jalan  pola makan sehat atau konsumsi multivitamin untuk memenuhinya.

- Apakah Anda biasa terekspos suhu panas? Anda yang sering berendam air hangat, atau mengemudi kendaraan besar dalam waktu sangat lama mungkin mengalami penurunan jumlah produksi sperma.

- Apakah Anda mengonsumsi alkohol? Mengonsumsi alkohol sesekali pun ternyata dapat memengaruhi tingkat kesuburan. Para peneliti percaya, pria harus membatasi asupan alkohol maksimal 1 gelas per hari agar tingkat kesuburannya optimal.

Foto: 123rf
 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Jangan Sepelekan, 7 Hal Ini Bikin Pria Tidak Subur

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia