Mimisan Saat Hamil, Normalkah?

Mimisan saat hamil memang sangat menganggu, belum lagi timbul rasa khawatir apakah hal ini normal ataukah tidak. Tak perlu khawatir, ya, Ma, baik mimisan maupun gusi berdarah umumnya bukan masalah kesehatan serius dalam kehamilan.

Selama hamil volume darah meningkat dan pembuluh darah melebar, kondisi ini menyebabkan membran dalam hidung membengkak dan pembuluh darahnya mudah pecah, makanya terjadi mimisan
 
Mimisan dan gusi berdarah bisa dialami Mama pada akhir trimester pertama atau awal trimester kedua dan mungkin berlanjut hingga melahirkan. Hal ini terjadi karena selama Mama hamil volume darah meningkat dan pembuluh darah melebar, kondisi ini menyebabkan membran dalam hidung membengkak dan pembuluh darahnya mudah pecah, makanya terjadi mimisan.

Atasi mimisan saat hamil, antara lain dengan:
- Mama bisa melakukan penekanan pada batang hidung selama beberapa menit sambil duduk atau menunduk.

- Hindari posisi mendongak atau berbaring karena darah bisa masuk ke tenggorokan, tertelan dan malah menyebabkan mual.

- Boleh juga Mama meletakkan kompres dingin pada batang hidung untuk memperkecil pembuluh darah dan menghentikan keluarnya darah.

- Agar kejadian mimisan dan gusi berdarah berkurang, perbanyak minum air putih, konsumsi cukup vitamin C, dan gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut. (Foto:dok.Feminagroup)

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

Mimisan Saat Hamil, Normalkah?

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia