Olahraga dan Diet di Kehamilan Bulan ke-9

Menjelang hari-H kelahiran atau kehamilan bulan ke-9, Anda perlu melakukan usaha ekstra untuk memelihara kebugaran. 


Anda memang membutuhkan energi yang sangat besar untuk melalui proses persalinan. Bila sudah terbiasa berolahraga, daya tahan tubuh Anda akan optimal. Itu sebabnya, aktivitas, seperti berenang, jalan kaki, atau senam, perlu dilakukan secara rutin. Termasuk juga latihan olah napas.


Jalan kaki di pagi hari adalah pilihan olahraga yang paling baik dan mudah bagi ibu hamil. Namun, pada akhir bulan ke-9 ini, Anda tidak dianjurkan berjalan kaki terlalu banyak. Apalagi, bila dalam satu hari, Anda cukup banyak melakukan aktivitas berat. Cukup lakukan jalan santai selama 30 menit sehari. Bukan apa-apa, terlalu banyak berjalan kaki bisa merangsang janin turun lebih cepat ke jalan lahir!


Seperti pada bulan-bulan sebelumnya, kecukupan gizi ibu hamil tetap perlu mendapat perhatian serius. Jangan hanya mengandalkan suplemen kehamilan yang diberikan dokter. Sedapat mungkin, penuhi kebutuhan nutrisi Anda dari menu sehat sehari-hari. Batasi pula pemakaian garam untuk mencegah hipertensi dan mengurangi timbulnya gejala bengkak di kaki.


 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Olahraga dan Diet di Kehamilan Bulan ke-9